Senin, 27 Jan 2020 06:00 WIB

Ini yang Terjadi Bila Makan 2 Butir Telur Tiap Hari Selama 6 Pekan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sarapan telur banyak manfaatnya (Foto: iStock)
Jakarta -

Telur memang dikenal memiliki banyak manfaat. Bahkan mengonsumsi telur dapat meningkatkan kolesterol baik untuk tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Menurut penelitian, memakan dua telur sehari selama enam minggu dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 10 persen. Tak hanya itu, berikut ini adalah 5 manfaat telur seperti yang dikutip dari Times of India.

1. Kulit, rambut, dan kuku makin sehat
Telur kaya akan vitamin B termasuk, vitamin B12, B5, biotin, riboflavin, tiamin, dan selenium. Semua vitamin ini bagus untuk menjaga rambut, kulit dan kuku kamu lho. Sebab vitamin-vitamin itu akan meningkatkan elastisitas kulit dan menangkal kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Sistem kekebalan tubuh makin kuat
Dua butir telur mengandung 59 persen dari asupan harian yang disarankan untuk memenuhi kadar selenium (mineral) tubuh, 32 persen vitamin A dan 14 persen untuk zat besi. Semua nutrisi ini dikombinasikan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kesehatan mata lebih terjaga
Penelitian menunjukan bahwa kandungan antioksidan di dalam telur, seperti lutein dan zeaxanthin dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata kamu lho.

4. Ingatan makin kuat
Zat kolin yang berada di dalam telur dapat membantu memetabolisme lemak, menjaga selaput sel sehat dan meningkatkan fungsi otak. Bahkan zat kolin ini sulit ditemui di dalam makanan lain selain telur.

5. Massa otot meningkat
Mengonsumsi telur utuh lebih baik dibandingkan hanya memakan putihnya saja. Sebab kandungan 6 gram protein di dalam telur bisa meningkatkan massa otot dan juga memperkuat tulang.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)