Senin, 27 Jan 2020 07:30 WIB

4 Manfaat Minum Air Rebusan Kulit Pisang

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kulit pisang juga ada manfaatnya (Foto: iStock)
Jakarta -

Tak hanya daging buahnya, ternyata kulit pisang juga memiliki banyak manfaat. Sebab kulit pisang mengandung vitamin B6 dan B12, magnesium, kalium, dan protein.

Dikutip dari Natural Living Ideas, sebagian orang di berbagai negara telah mengetahui dan memanfaatkan kulit pisang untuk kesehatan. Caranya pun cukup mudah, rebus kulit pisang selama 10 menit lalu air rebusan tersebut bisa dinikmati layaknya sedang minum teh.

Berikut ini adalah 4 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari meminum air rebusan kulit pisang.

1. Meningkatkan mood
Kandungan triptofan di dalam kulit pisang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin. Seperti yang kita tahu, kedua hormon ini bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati dan juga menurunkan kadar hormon stres.

2. Membuat tidur lebih nyenyak
Tak hanya bisa meningkatkan mood, peningkatan kadar serotonin akibat senyawa triptofan di dalam kulit pisang pun bisa membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kualitas istirahat kamu lho.

3. Mencegah kanker
Senyawa antikarsinogenik yang terkandung di dalam kulit pisang dapat membantu menurunkan risiko kanker. Bahkan, kulit pisang juga kaya akan phytochemical seperti polifenol dan karotenoid yang merupakan antioksidan, dan dipercaya untuk memerangi kanker.

4. Menurunkan kolesterol dan memelihara kesehatan jantung
Kulit pisang terbukti bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan kalium yang tinggi juga dapat membantu menyeimbangkan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Sehingga tubuh akan terlindung dari penyakit jantung.



Simak Video "Kunci Sukses Arya Permana Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)