Kamis, 30 Jan 2020 06:28 WIB

5 Tanda Tubuhmu Kurang Asupan Kalori Pagi Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
ilustrasi bangun tidur Kekurangan kalori juga berdampak bagi kesehatan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Entah kamu sedang berusaha menurunkan bobot atau menjaga berat badanmu kini, perhitungan kalori sangat penting dalam situasi apapun. Jumlah kalori yang kamu konsumsi dalam sehari bisa berpengaruh pada bobot, level kebugaran, dan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Namun di era modern di mana diet dan gaya hidup sehat sedang banyak diminati, kebanyakan orang malah sangat membatasi asupan kalorinya. Jika terlalu ekstrem, malahan bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuhmu, lho.

Membatasi asupan kalori sesekali memang tidak berdampak terlalu besar, tapi jika dilakukan terus-menerus bahkan rutin bisa menyebabkan masalah pada mental, emosional, dan fisik. Dirangkum dari Times of India, berikut adalah 5 tanda tubuhmu kekurangan kalori:

1. Rambut rontok

Rambut rontok yang dimaksud adalah rontoknya rambut di luar normal. Bukan hanya 3 atau 4 helai, namun kamu mulai menyadari banyak helai rambut yang jatuh di lantai. Rambut yang rontok seperti ini menunjukkan bahwa kamu kekurangan kalori di tubuhmu. Perbanyak konsumsi kalori, protein, biotin, zat besi dan nutrisi lainnya penting untuk rambut lembut nan sehat.

2. Kekebalan tubuh menurun

Apakah kamu sering merasa sakit? Jika kamu sering batuk dan bersin dan sedikit demam, maka kamu harus memerhatikan kebiasaan makanmu. Kurang makan berarti tubuhmu tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan melawan penyakit. Sebagai hasilnya, kamu akan sering sakit dan akan lebih lama pulih dari sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]