Jumat, 31 Jan 2020 07:00 WIB

4 Sumber Protein Terbaik Bagi yang Ingin Cepat Kurus

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Pilihan protein sangat penting bagi yang ingin menurunkan berat badan (Foto: istock)
Jakarta -

Saat berusaha untuk menurunkan berat badan, diet berperan sangat krusial. Diet kaya nutrisi penting untuk tetap bugar dan aktif, dan protein adalah nutrisi yang tepat jika ingin menurunkan berat badan.

Diet kaya protein bisa mempercepat metabolisme, membuatmu kenyang lebih lama dan membantu membangun massa otot. Ada banyak makanan kaya protein yang bisa dimasukkan ke dalam dietmu agar mempercepat proses turunnya berat badan, seperti berikut dikutip dari Times of India:

1. Telur ayam utuh

Telur ayam utuh merupakan makanan paling sehat dan paling bernutrisi yang bisa kamu konsumsi usai sesi berolahraga. Mengandung protein, vitamin, mineral, lemak yang sehat, antioksidan, sebutir ayam utuh sangat tepat saat kamu sedang berusaha menurunkan berat badan. Disarankan lebih baik direbus utuh, sebutir telur rebus bisa membantumu kenyang lebih lama dan mencegah kamu makan terlalu banyak. Dalam satu butir telur ayam ukuran besar terdapat 6 gram protein.

2. Dada ayam

Dada ayam merupakan salah satu sumber protein lain yang sangat baik. Mudah dimasak, serba guna, dan mengandung asam amino yang esensial. Daging ayam membantu membentuk otot dan memperbaiki jaringan yang rusak, sehingga membuatnya menjadi makanan yang populer dikonsumsi usai berolahraga. Dalam 136 gram dada ayam tanpa kulit terdapat 26 gram protein.

3. Edamame

Kacang edamame merupakan kacang kedelai muda yang dipanen sebelum matang. Edamame mengandung banyak protein dan bisa ditambahkan ke dalam salad atau tumis-tumisan. Selain itu, edamame juga kaya akan magnesium yang bisa membantu perkembangan otot. Sebanyak 17 gram protein terdapat dalam 155 gram kacang edamame matang.

4. Biji labu

Belakangan ini cukup populer di Indonesia sebagai salah satu superfood, biji labu mengandung banyak magnesium, zat besi, zinc, dan senyawa antioksidan lainnya. Biji labu juga menjadi pilihan yang baik sebagai cemilan kaya protein. Dalam 28 gram biji labu mengandung 5 gram protein.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)