Selasa, 04 Feb 2020 07:00 WIB

Hindari Virus Corona, Yuk Jaga Imunitas Tubuh dengan Asupan Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Padatnya aktivitas warga di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, membuat PT KCI melakukan sosialisasi terkait virus corona. Sistem imun yang baik bisa menangkal virus corona (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Di tengah rumitnya penyebaran virus corona, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan tips untuk menghindari agar tidak terjangkit virus tersebut. Salah satu caranya dengan menjaga daya tahan tubuh.

"Kuncinya tetap berdoa, makan makanan yang sehat, dan jaga imunitas tubuh. Namanya virus itu cari orang yang imunitas tubuhnya lemah," ujarnya saat ditemui di lapangan Kementerian Kesehatan, beberapa waktu lalu.

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, tidak hanya dengan mengkonsumsi suplemen saja. Bisa juga ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang. Dikutip dari berbagai sumber, apa saja sih yang bisa meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh?

1. Protein

Protein adalah salah satu asupan yang penting dikonsumsi untuk memperkuat imunitas tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, bisa membantu tubuh melawan infeksi dari virus termasuk corona dan memperbaiki sel-sel tubuh.

Asupan yang baik adalah protein tanpa lemak, bisa didapatkan dari telur (putih telur), ikan, dan daging putih (seperti daging ayam).

2. Vitamin C

Vitamin juga dibutuhkan untuk mendukung imunitas tubuh. Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin C yang bermanfaat baik untuk imunitas dan daya tahan tubuh. Vitamin C bisa membantu tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa radikal bebas.

Sebagai sumber vitamin C, kamu bisa mendapatkannya dari berbagai buah-buahan seperti kiwi dan jeruk. Kedua buah tersebut adalah penghasil vitamin C yang terbaik.

3. Vitamin B12

Selain vitamin C, ternyata ada vitamin lain yang juga bisa memperkuat imunitas tubuh yaitu vitamin B12. Vitamin ini mempunyai peran penting untuk memperbaiki dan mempercepat pemulihan tubuh pasca sakit.

Vitamin B12 ini cukup dikonsumsi saat merasa tubuh kurang sehat. Rata-rata, vitamin ini bisa ditemukan dari sumber hewani, seperti susu dan telur.

4. Zinc

Dalam melawan infeksi akibat virus, salah satunya corona membutuhkan kualitas sel darah putih yang baik. Jika kualitas sel darah putih menurun, tubuh akan rentan terserang infeksi.

Agar bisa terus melawan infeksi virus, tubuh memerlukan asupan seng atau zinc. Sumber zinc yang bisa menjadi pilihan diantaranya daging ayam, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu, dan sereal.



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)