Sabtu, 08 Feb 2020 14:05 WIB

Jadi Dambaan Wanita, 5 Makanan Ini Disebut Bisa Bikin Awet Muda

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
kulit sehat Asupan makanan bisa bantu jaga kulit awet muda. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Setiap orang apalagi wanita pasti mendambakan kulit yang awet muda. Menjaga kulit agar awet muda sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan lewat terapi yang dilakukan di klinik saja. Beberapa makanan disebut bisa bikin kulit awet muda. Apa saja ya?

Mengutip Health, makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin C, D, E, K, dan B, bisa membuat kulit tampak lebih kenyal dan lebih cerah dari sebelumnya. Selain itu, makanan dengan kandungan tersebut bisa mengurangi risiko kanker.

Berikut sederet makanan yang diklaim bisa bikin awet muda:

1. Alpukat

Alpukat memiliki banyak kandungan yang membantu menjaga kulit tetap lembab. Sebuah studi yang meneliti diet pada 700 wanita menemukan bahwa mengonsumsi banyak lemak sehat yang terkandung dalam alpukat terbukti menjadikan kulit lebih halus dan lembab.

Alpukat juga disebut mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Ketika kamu mengonsumsi alpukat sebagai menu sarapan dibarengi dengan roti, kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin E dan vitamin C yang sehat bagi kulit.

2. Dark Chocolate

Makan cokelat tak selalu membuat kamu selalu gendut. Cokelat juga dipercaya bisa membuat kulit terlihat awet muda. Beberapa penelitian menemukan bahwa bubuk kakao tinggi yang ada di dalam dark chocolate bisa membuat kulit lembab. Jika kamu mengonsumsi cokelat setiap hari, kondisi kulit wajah yang tadinya terasa kasar perlahan akan lebih halus dari sebelumnya. Tentu dengan bantuan pemakaian sunblock setiap hari.

Manfaat lain dari makan dark chocolate juga disebut bisa meningkatkan aliran darah, dan memberikan banyak nutrisi pada kulit. Namun perlu diingat, manfaat ini hanya didapatkan dari dark chocolate yang mengandung 70% kakao.

3. Tomat

Tomat juga termasuk makanan yang bisa membuat kulit awet muda. Tomat yang segar atau pun saus tomat disebut mengandung vitamin C. Nah vitamin C ini lah yang bisa membantu kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Tomat juga memiliki kandungan seperti karotenoid utama, termasuk beta-karoten, lutein, dan lycopene yang merupakan antioksidan. Antioksidan ini dapat melindungi kulit saat terpapar sinar matahari.

4. Ubi jalar

Kandungan 'beta karoten' disebut menjadi salah satu jenis antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kandungan ini juga ada di dalam ubi jalar.

Namun perlu diingat, bukan berarti karena sudah mengonsumsi ubi jalar kamu melupakan pentingnya penggunaan sunblock ya. Selalu gunakan sunblock saat akan bepergian ke luar rumah, minimal 15 menit sebelumnya.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)