Selasa, 11 Feb 2020 08:30 WIB

Mau Terhindar dari Depresi? Yuk Coba Yogurt Buat Sarapan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Greek yogurt in a glass jars with spoons on wooden background Yogurt bisa memperbaiki suasana hati (Foto: iStock)
Jakarta -

Stres ataupun depresi bisa datang kapan saja, tidak terkecuali saat pagi hari. Banyaknya beban pikiran dari pekerjaan bahkan hal lainnya bisa menekan seseorang menjadi depresi.

Tapi, sebuah studi mengatakan bahwa mengkonsumsi yogurt sebagai salah satu menu makanan bisa membantu. Yogurt sendiri mengandung probiotik yang dipercaya bisa membantu tubuh memerangi depresi.

Untuk membuktikan studi tersebut, para ahli membuat penelitian dengan menggunakan tikus. Tikus tersebut ditempatkan pada posisi tingkat stres tinggi hingga mulai menunjukkan gejala depresi. Kemudian, tikus tersebut diberikan yogurt, dan hasilnya mereka menemukan hubungan antara bakteri di usus dengan kesehatan mental.

Terungkap bahwa tingkat Lactobacillus (bakteri baik) di usus juga berpengaruh pada tingkat metabolisme darah yang disebut kynurenine, yang dikaitkan dengan perkembangan depresi.

Lactobacillus ini membantu untuk menyeimbangkan kadar kynurenine dalam darah. Jika tingkat bakteri menurun, maka gejala depresi akan mulai muncul. Begitupun sebaliknya, jika bakteri baik di usus meningkat, tingkat depresi akan menurun.



Simak Video "Mengandung Bakteri Listeria, Kementan Musnahkan Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)