Selasa, 18 Feb 2020 05:50 WIB

3 Manfaat Terong untuk Sarapan Pagi Ini

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
Sayur Terong Sarapan terong (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Terong merupakan satu dari sedikit sayuran berwarna ungu yang mudah ditemukan dibanyak pasar tetapi tidak begitu populer bagi kalangan konsumen. Sayuran ungu ini faktanya memiliki maanfaat yang baik seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi arteri.

Tidak hanya itu saja manfaatnya, ada berbagai macam manfaat yang dapat diperoleh seperti dikutip dari Health.

1. Nutrisi pada terong

Anthocyanin, pigmen yang memberikan warna pada terong memiliki sifat antioksidan yang terkait dengan anti-inflamasi serta perlindungan obesitas. Kemudian nasunin pada terong sangat baik melindundi sel dari kerusakan yang menyebabkan penuaan dini dan penyakit. Mengkonsumsi terong juga penting untuk melindungi dari penyakit neurodegenaratif seperti alzheimer.

Asam klorogenik pada terong dapat mendukung kekebalan tubuh. Kemudian kandungan mineral membantu mereproduksi kolagen dan meningkatkan kesehatan kulit serta tulang. Terong juga memasok jumlah folat, vitamin B, potasium, vitamin C dan K.

2. Manfaat terong

Selain nutrisi yang ada dalam terong bermanfaat bagi tubuh, terong dapat mengurangi penyakit jantung yang membantu mengurangi kekakuan arteri dan tekanan darah. Tekanan darah di aorta berguna mengirimkan darah dari jantung ke tubuh sehingga meminimalisir penyakit jantung dan stroke.

3. Karbohidrat dalam terong

Sayuran non-tepung atau rendah karbohidrat seperti terong sangat mendukung kesehatan pencernaan dan keteraturan usus. Serat pada terong juga membantu mengatur kadar gula darah dan insulin serta mengkonsumsi terong dapat mendukung untuk diet.



Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)