Jumat, 21 Feb 2020 07:00 WIB

Waspadai Risiko Overhidrasi akibat Berlebihan Minum Air Putih

Yovini Erfan Eke Lamawato - detikHealth
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Berlebihan minum air juga ada risikonya (Foto: iStock)
Jakarta -

Sekitar 70 persen di dalam tubuh kita terdiri dari air. Kandungan air dalam tubuh kita sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh agar bekerja lebih baik. Pakar kesehatan merekomendasikan agar baiknya kita minum enam sampai delapan gelas air dalam sehari.

Tetapi tahukah Anda bahwa kebanyakan minum air dapat berisiko bagi kesehatan? Seperti dikutip dari The Healthy, ada beberapa tanda yang disebabkan karena kebanyakan minum air.

1. Overhidrasi

Ahli-ahli kesehatan selalu mengingatkan untuk minum cukup air sangat penting untuk kinerja tubuh agar berfungsi dengan baik. Tetapi tidak dengan minum terlalu banyak air karena dapat menyebabkan overhidrasi. Minum terlalu banyak air menyebabkan keracunan air atau dikenal sebagai hiponatremia. Hal ini dapat menyebabkan bagian dalam sel membanjir sehingga kadar natrium rendah dan menjadi tidak normal dalam aliran darah Anda. Dalam kasus yang lebih serius keracunan air dapat menyebabkan kejang, koma, dan kematian.

2. Anda minum air bahkan ketika Anda tidak haus

Cara terbaik agar dapat mengetahui bahwa tubuh kita benar-benar membutuhkan lebih banyak air adalah dengan menyadari apakah Anda benar-benar merasa haus. Menurut Hew Butler "Tubuh kita diprogram untuk melawan dehidrasi karena kita selalu hidup dalam ketakutan akan kekurangan. Jadi kita memiliki semua mekanisme bawaan ini untuk melindungi kita dari itu", katanya.

3. Merasa mual dan mungkin mengalami muntah

Gejala overhidrasi sangat mirip dengan dehidrasi sehingga terlalu banyak air dapat membuat ginjal Anda menjadi tidak mampu membuang kelebihan cairan sehingga air mengumpul di dalam tubuh. Oleh sebab itu, sering kali mengakibatkan mual, muntah, dan diare.

4. Mengalami sakit kepala yang berdenyut sepanjang hari

Tanda overhidrasi dan dehidrasi menyebabkan sakit kepala. Mirip seperti mual, muntah, dan diare. Terlalu banyak minum air menyebabkan konsentrasi garam dalam darah berkurang dan terjadi pembengkakan pada sel-sel di seluruh organ tubuh. Terutama ketika terlalu banyak minum otak sebenarnya tumbuh dalam ukuran dan menekan tengkorak. Tekanan ini lah yang membuat Anda sakit kepala dan lebih serius mengakibatkan gangguan otak dan kesulitan bernapas.

5. Otot-otot mudah kram dan terasa lemah

Ketika minum terlalu banyak air menyebabkan kadar elektrolit menjadi turun sehingga mengganggu keseimbangan. Jika kadar elektrolit rendah dapat menyebabkan sejumlah gejala termasuk kejang otot dan kram. Air kelapa yang penuh dengan elektrolit dan 100 persen alami dapat mencegah masalah otot.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)