Selasa, 03 Mar 2020 06:30 WIB

Sederet Manfaat Awali Hari dengan Konsumsi Chia Seed

Siti Masluha - detikHealth
Chia seeds with a spoon close up Chia Seeds (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Pernahkah kamu mendengar chia seed? Ya, jenis biji-bijian yang satu ini memang masih asing untuk beberapa orang.

Chia seed atau biji chia merupakan biji hitam kecil dari tumbuhan salvia hispanica. Biji chia banyak dikonsumsi bagi mereka yang menerapkan pola hidup sehat. Walaupun ukurannya yang kecil tapi chia seed mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Chia seed mangandung serat, protein, kalsium, mineral dan omega 3. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat jika kamu mengonsumsi chia seed dengan teratur.

1. Membantu menurunkan berat badan

Chia seed tinggi akan kandungan serat. Mengonsumsi chia seed di pagi hari akan memperbaiki pencernaan dan buang air besar. Pencernaan yang baik adalah kunci untuk menurunkan bedat badan.

Sebuah studi di Brasil menemukan chia seed dapat membantu mengurangi lemak, selain itu protein dalam chia seed juga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Chia seed memiliki kandungan seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan kekuatan otot serta sendi.

Mengonsumsi chia seed dengan rutin juga dipercaya sebagai salah satu cara efektif untuk memperbaiki asupan kalsium untuk tulang dan gigi. Selain itu, chia seed juga mengandung senyawa mangan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sudah Diet Tapi Tak Kunjung Kurus? Ini Tips Ampuhnya"
[Gambas:Video 20detik]