Senin, 09 Mar 2020 07:54 WIB

Riset Tegaskan Telur Tak Meningkatkan Risiko Sakit Jantung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
ilustrasi telur Riset memastikan telur tidak meningkatkan risiko penyakit jantung (Foto: iStock)
Jakarta -

Tidak perlu lagi ragu-ragu untuk sarapan telur. Meski dikenal punya kandungan kolesterol tinggi dalam kuning telurnya, sebutir telur tiap hari dipastikan tidak memicu stroke maupun serangan jantung.

Ini terungkap dalam sebuah penelitian yang melibatkan 215 ribu pria dan wanita sehat yang diamati selama 32 tahun. Temuan tersebut dipublikasikan dalam The British Medical Journal.

"Temuan dari penelitian sebelumnya tentang konsumsi telur dan penyakit kardiovaskular masih inconclusive," kata Dr Jean-Philippe Drouin-Chartier yang memimpin penelitian itu, dikutip dari Dailymail.

Dalam penelitian ini, sebagian besar partisipan mengonsumsi 1-5 butir telur tiap pekan. Mereka yang mengonsumsi lebih banyak telur memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi, tetapi tidak teramati ada kaitannya dengan penyakit kardiovaskular.

"Telur punya banyak kandungan gizi positif, termasuk antioksidan, yang terbukti mengurangi stres oksidatif dan inflamasi," kata Dr Dominik Alexander dari EpidStat Institute yang juga terlibat dalam penelitian ini.



Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)