Selasa, 21 Apr 2020 05:00 WIB

Dampak Keseringan Makan Junk Food: Testis Mengecil, Jumlah Sperma Berkurang

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Male suffering with pain in the urogenital system. Disease for men. The concept of protection of sexually transmitted infections. Junk berdampak buruk bagi kesehatan sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebuah studi mengatakan pria yang rutin mengonsumsi junk food atau makanan tidak sehat berisiko memiliki testis yang kecil dan jumlah sperma yang rendah.

Dikutip dari Mirror, studi ini dilakukan kepada 2.935 pria dengan usia rata-rata 19 tahun, yang sedang mengikuti ujian masuk dinas militer. Dalam penelitian ini tak hanya ukuran testis dan jumlah sperma saja yang diukur, tetapi kemampuan sperma dalam berenang juga dipertimbangkan dan dianalisis.

Dr Feiby Nassan yang memimpin penelitian itu mengatakan pria yang berpeluang bisa menjadi 'ayah' adalah mereka yang mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

"Ketaatan pada pola diet yang umumnya akan menghasilkan sperma yang lebih baik, dengan potensi memiliki kesuburan yang lebih menguntungkan di kalangan pria dewasa," jelas Nassan.

Studi ini menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi junk food seperti pizza, burger dan keripik memiliki jumlah sperma 26 juta lebih rendah dibandingkan mereka yang menerapkan pola makan sehat. Tak hanya itu, temuan ini juga menyarankan untuk menghindari konsumsi daging merah dan minuman manis, karena berpotensi dapat menurunkan jumlah sperma.

"Dengan pizza, keripik, dan daging merah kita tahu stres antioksidan akan naik dan itu buruk bagi sperma," ucap seorang pakar kesuburan dari Universitas Sheffield, Prof Allan Pacey.



Simak Video "Makanan Kaya Nutrisi Hasil Olahan Superfood"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)