Rabu, 22 Apr 2020 06:04 WIB

10 Tips Menjaga Pola Makan Tetap Sehat Selama WFH

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sarapan Menjaga pola makan selama WFH (Foto: iStock)
Jakarta -

Selama pandemi Corona melanda Indonesia, pemerintah mengeluarkan himbauan untuk melakukan berbagai kegiatan dari rumah guna mencegah penyebaran virus Corona COVID-19 makin meluas. Mulai dari sekolah, beribadah, hingga bekerja dari rumah.

Saat bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) terkadang menyebabkan beberapa rutinitas menjadi terganggu. Contohnya tidur tidak teratur, mudah lelah, stres, hingga pola makan yang tidak sehat.

Untuk menjaga pola makan tetap stabil dan cukup, Cleveland Clinic punya 10 tipsnya nih, apa saja ya?

1. Jangan bekerja di area dapur

Selama bekerja di rumah, jauhkan tempat kerja dengan area dapur dan sekitarnya. Jika berada berdekatan, bisa-bisa kamu akan terus mencari makanan yang dekat dengan jangkauan mata.

2. Atur jadwal makan dan ngemil

Tidak hanya kegiatan saja yang dijadwalkan selama WFH, makan dan ngemil pun juga harus tetap diatur. Jika biasa makan siang tepat tengah hari, teruslah dijadwalkan agar pola makan tetap stabil dan teratur.

3. Pastikan makan dengan benar

Saat diburu-buru deadline, waktu untuk istirahat dan makan pun pasti tidak sempat. Padahal tubuhmu sudah memberikan sinyal kalau dia butuh asupan makanan alias lapar.

Jika itu terjadi, harus segera makan. Makan bisa mempengaruhi kewaspadaan dan produktivitas selama bekerja. Bila perlu, atur alarm untuk mengingatkannya.

4. Siapkan makan siang

Jika kamu bisa, cobalah untuk menyiapkan menu makan siang terlebih dulu. Tidak perlu yang mewah, yang penting sehat mengandung protein dan sayur-sayuran yang baik untuk tubuh.

Ini dilakukan agar pola makan selama WFH tetap terjadwal dengan baik dan juga sehat.

5. Fokuskan makanan dengan menu yang seimbang

Makanan bertugas sebagai bahan bakar tubuh agar lebih berenergi. Makanan yang dikonsumsi pun harus seimbang serta bergizi, agar selama WFH tetap fokus, produktif, dan merasa kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkannya, coba siapkan makanan yang mengandung protein, serat, lemak sehat, buah dan sayur.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gangguan Kesehatan yang Rentan Terjadi saat 'WFH'"
[Gambas:Video 20detik]