Rabu, 22 Apr 2020 12:47 WIB

6 Tips Sehat Ala Chef Degan di Tengah Pandemi Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
cookies Menjaga nutrisi yang seimbang penting dilakukan saat pandemi (Foto: iStock)
Jakarta -

Guna mencegah penyebaran virus Corona yang semakin meluas, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Dalam imbauan ini masyarakat diminta untuk menghindari aktivitas keluar rumah apabila tidak mempunyai kegiatan yang penting.

Menanggapi hal ini, Chef Degan Septoadji seorang Chef Entrepreneur, membagikan tips sehat saat berada di rumah, di antaranya makan sehat, olahraga, dan istirahat yang cukup.

"Makan sehat dan istirahat di rumah ini ada beberapa hal yang kita harus ingat. Salah satu mungkin makan seimbang dan bervariasi," kata Chef Degan di Graha BNPB, Rabu (22/4/2020).

Berikut 6 tips sehat saat berada di rumah menurut Chef Degan:

1. Makan seimbang dan bervariasi

Untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi virus Corona adalah dengan memakan empat sehat lima sempurna. Chef Degan kemudian mengingatkan sebelum makan buah atau sayur agar dicuci terlebih dahulu. Selain itu konsumsi protein yang baik untuk tubuh khususnya protein hewani, di antaranya daging, ikan, telur, susu, dan keju.

"Mungkin yang paling gampang untuk semua kalangan ya itu adalah makan banyak buah-buahan dan sayuran segar. Inget ya kalau kita makan buah-buahan dan sayuran segar harus dicuci sebelum dimakan," ujar Chef Degan.

2. Mengerjakan rutinitas dan makan dengan penuh perhatian

Selain makanan yang dimakan, untuk tetap menjaga kesehatan saat berada di rumah dengan cara mengerjakan rutinitas dan makan penuh perhatian. Menurut Chef Degan meskipun di rumah, kita harus menjalankan rutinitas seperti biasa, misalnya waktu bangun maupun jam makan yang teratur. Kemudian ia mengingatkan, ketika makan jangan dibarengi dengan aktivitas lain.

"Kurang konsentrasi kalau makan sambil nonton atau depan komputer itu kurang baik. Jadi makan ya makan saja, nanti setelah makan ya nonton lagi. Itu yang bahaya karena makan jadi yang secondary bukan yang prioritas," ungkap Chef Degan.

3. Tetap terhidrasi

Saat berada di rumah penting untuk menghindari kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Untuk itu disarankan minum air putih secukupnya. Disarankan Orang dewasa minum air putih 1,5 sampai 2 liter setiap hari.

"Pastikan kita minum cukup seharian. Jadi untuk anak kecil biasanya sekitar 1-1,4 liter sehari. Orang dewasa mungkin 1,5-2 liter minum kalau bisa lebih juga bagus," kata Chef Degan.

4. Mempraktikkan kebersihan makanan yang aman

Saat memasak makanan pastikan kebersihan harus tetap dijaga agar terhindar dari infeksi virus Corona yang bisa menempel pada permukaan benda. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan. Selain itu, Chef Degan menyarankan untuk memanaskan makan minimal selama dua menit untuk menghilangkan bakteri yang ada.

"Kalau kita mau memanaskan makanan juga sangat penting, bahwa kita memanaskan dengan suhu minimum 72 derajat selama paling tidak 2 menit," kata Chef Degan.

5. Tetap aktif di rumah

Kebijakan tetap di rumah dalam waktu yang lama bagi sebagian orang akan menimbulkan rasa bosan. Menurut Chef Degan banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan saat di rumah, di antaranya masak atau berolahraga.

"Salah satunya ya masak. Karena yang biasanya mama masak, bapak pun bisa masak sekarang atau nggak anak-anak bisa coba masak sekarang karena waktunya ada," ungkap Chef Degan.

6. Istirahat yang cukup dan berkualitas

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan saat berada di rumah. Penting untuk mempunyai jadwal tidur yang teratur untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu hindari mengkonsumsi kopi sebelum tidur.

"Tidur tepat waktu, bangun juga tepat waktu supaya kita bener-benar punya waktu cukup untuk istirahat. Menghindari banyak caffeine, minum kopi terlalu banyak sebelum tidur itu juga akan mengganggu istirahat," pungkasnya.



Simak Video "WHO Sebut COVID-19 Bukan Penyakit Musiman, Tahan di Segala Cuaca"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)