Senin, 04 Mei 2020 03:53 WIB

Ini yang Terjadi Jika Sahur Hanya Minum Air Putih Gara-gara Telat Bangun

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Meski mungkin kuat menahan lapar, tetap tak dianjurkan sahur cuma minum air putih (Foto: iStock)
Jakarta -

Terlambat bangun untuk menyiapkan makan sahur, lalu hanya minum air putih? Hmm... bahaya sih tidak, tetapi tetap tidak dianjurkan.

Bangun awal untuk menyiapkan sahur kadang-kadang memang berat. Tetapi hendaknya tidak jadi alasan untuk sahur dengan menu asal-asalan, apalagi cuma minum air putih.

"Minum banyak air tidak akan berarti lebih terhidrasi, karena hanya memberikan manfaat jangka pendek," kata Shugufta M Zubair, seorang pakar keamanan pangan di Dubai, dikutip dari Gulfnews.

"Tentu saja air putih tidak berbahaya, dan itu baik untuk tubuh, tetapi tidak seharusnya melupakan pentingnya sahur," lanjutnya.

Menurutnya, sahur sebaiknya dilakukan dengan tetap memperhitungkan nutrisi yang seimbang. Tetap harus ada karbohidrat, protein, juga sayur mayur.

Karbohidrat dibutuhkan untuk memberikan energi sepanjang hari, sedangkan protein penting untuk regulasi organ dan jaringan tubuh. Tubuh juga membutuhkan mineral penting seperti kalsium, kalium, dan vitamin D, yang tidak bisa dicukupi hanya dengan minum air putih.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)