Senin, 04 Mei 2020 17:30 WIB

Tips Makan Gorengan Saat Berbuka Agar Tak Bikin Kolesterol Melonjak

Anjar Mahardhika - detikHealth
Pedagang Gorengan Pedagang gorengan (Foto: Vadhia Lidyana)
Jakarta -

Salah satu makanan yang digemari orang Indonesia saat buka puasa adalah gorengan. Makanan ini identik dengan sajian berbuka puasa karena kelezatannya. Namun di balik kelezatannya, mengkonsumsi gorengan secara berlebihan dan terus menerus dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah menyebabkan kadar kolesterol naik.

Meskipun begitu, dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Diana F Suganda, SpGK, MKes, tidak melarang seseorang untuk makan gorengan. Ia, masih memperbolehkan seseorang makan gorengan saat berbuka, tetapi dengan beberapa catatan yang harus diperhatikan. Intensitas gorengan yang dimakan saat buka juga harus dibatasi.

"Makan gorengan tidak setiap hari, misal frekuensinya dikurangi, dari yang tadinya setiap hari, jadi seminggu dua kali," ungkap dr Diana saat dihubungi detikcom Minggu (3/5/2020).

"Makan gorengan cukup satu saja," lanjutnya.

dr Diana juga menjelaskan, seseorang yang makan gorengan harus diimbangi dengan makan makanan bergizi yang mengandung serat. Gunanya untuk menghambat penyerapan lemak dalam tubuh yang banyak terkandung dalam gorengan.

"Makan gorengan dengan serat, misal sayur-sayuran. Karena serat menghambat penyerapan lemak," kata dr Diana.



Simak Video "Makan Gorengan Berlebihan Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)