Sabtu, 16 Mei 2020 03:13 WIB

Minum Boba Saat Sahur dan Berbuka? Catat Saran Ahli Gizi

Anjar Mahardhika - detikHealth
Boba / Bubble tea. Homemade Milk Tea with Pearls on wooden table.Boba / Bubble tea. Homemade Various Milk Tea with Pearls on wooden table.Boba / Bubble tea. Homemade Various Milk Tea with Pearls on wooden tableBoba / Bubble tea. Homemade Various Milk Tea with Pearls on wooden tableBoba / Bubble tea. Homemade Various Milk Tea with Pearls on wooden tableBoba / Bubble tea. Homemade Various Milk Tea with Pearls on wooden tableBoba / Bubble tea. Homemade Various Milk Tea with Pearls on wooden table Boba saat puasa (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu minuman segar yang populer belakangan ini adalah boba atau bubble tea. Minuman kekinian ini menjadi favorit banyak anak muda karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr Fiastuti Witjaksono SpGK, mengatakan pada prinsipnya mengkonsumsi minuman manis seperti boba diperbolehkan terutama saat berbuka puasa.

"Nah boba itukan biasanya terdiri dari minuman yang manis ditambah potongan boba yang terbuat dari tapioka. Jadi ya oke aja sih kalau menurut saya," ujar dr Fiastuti saat dihubungi detikcom, Jumat (15/5/2020).

Ia menjelaskan minum boba yang manis saat berbuka dapat mengembalikan kadar glukosa yang turun akibat berpuasa seharian. Namun ia mengingatkan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Karena mengkonsumsi minuman manis berlebihan dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh.

"Buka puasa itu kan baiknya makanan manis memang, tujuannya untuk mengganti kadar glukosa darah yang memang sudah turun. Dengan kita berbuka dengan yang manis kadar glukosa darah itu akan cepat terganti, tapi cukup satu kali," kata dr Fiastuti.

Namun ia mengingatkan tak hanya boba yang dapat diminum untuk berbuka. Banyak alternatif minuman manis yang jauh lebih sehat, salah satunya adalah jus buah.



Simak Video "Takut Gendut? Ini Tips Minum Boba Rendah Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)