Jumat, 05 Jun 2020 07:51 WIB

Agar Tetap Sehat, Berapa Banyak Telur yang Bisa Dikonsumsi Per Hari?

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Makan telur Berapa banyak konsumsi telur per hari agar tetap sehat? (Foto: iStock)
Jakarta -

Telur memiliki banyak kandungan gizi. Meski sering dikaitkan dengan kolesterol, faktanya telur punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Mengutip The Washington Post, terdapat tiga penelitian yang melibatkan 178.000 orang menemukan bahwa konsumsi telur satu kali dalam sehari tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau kematian. Bahkan hal ini berlaku bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes.

Kuning telur diketahui mengandung 200 miligram kolesterol. Namun terlepas dari komponen kolesterolnya, telur memiliki lemak jenuh yang rendah dan umumnya bergizi.

Kandungan 78 kalori dalam telur dianggap sebagai sumber protein yang baik. Seperti memperbaiki sel dalam tubuh, membuat enzim, dan hormon.



Terdapat kandungan vitamin D yang bermanfaat bagi tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kuning telur mengandung zat lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah risiko katarak.

Bahkan The American Heart Association merekomendasikan mengkonsumsi satu telur dalam sehari. Salah satunya sebagai bagian dari diet sehat.



Simak Video "Disebut Mampu Bunuh Corona, Berikut Penjelasan Soal Manfaat Berjemur"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)