Selasa, 07 Jul 2020 05:53 WIB

6 Asupan Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Paru-paru

Ayunda Septiani - detikHealth
racun pada buah dan sayur Tomat juga bagus untuk paru-paru (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Isu kesehatan saluran pernapasan belakangan kerap menjadi sorotan. Virus Corona COVID-19 yang menyerang sistem pernapasan membuat banyak orang berusaha untuk menjaga paru-paru untuk tetap sehat. Beberapa makanan untuk kesehatan paru-paru diketahui dapat menjaga kesehatan paru-paru..

Dikutip dari laman Healthline, berikut beberapa makanan untuk kesehatan paru-paru yang perlu kamu tahu. Apa saja?

1. Apel

Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Konsumsi lima atau lebih apel per pekan dikatakan dapat memperkuat fungsi paru-paru dan menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronis (COPD).

Asupan apel juga dikatakan dapat menekan risiko asma dan kanker paru-paru. Kandungan antioksidan di dalam apel seperti flavonoid dan vitamin C disebut berkontribusi memberikan manfaat.

2. Labu

Labu mengandung berbagai senyawa untuk kesehatan paru-paru. Labu kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat.

Studi menunjukkan bahwa kadar karotenoid di dalam darah yang tinggi dapat memperkuat fungsi paru-paru pada orang dewasa.

3. Kunyit

Kunyit sudah lama dikenal sebagai obat herbal karena sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya, termasuk untuk paru-paru.

Sebuah studi dilakukan kepada 2.478 orang menemukan bahwa asupan kunyit dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terlebih pada kelompok perokok.

4. Tomat

Tomat menjadi salah satu sumber likopen dan karotenoid. Kedua sumber tersebut diketahui dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

Konsumsi tomat terbukti mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan meningkatkan fungsi paru-paru pada orang dengan COPD.

5. Teh hijau

Makanan yang kelima makanan untuk kesehatan paru-paru adalah teh hijau. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang ada di dalam teh hijau bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan ini terbukti dapat menghambat fibrosis paru atau jaringan akut pada paru.

Fibrosis paru merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan akut pada paru yang progresif. Beberapa penelitian menemukan bahwa EGCG dapat membantu mengatasi fibrosis paru. Sejumlah ahli juga menemukan beberapa pasien yang telah sembuh dari virus Corona COVID-19 mengalami komplikasi berupa fibrosis paru.

6. Minyak zaitun

Terakhir makanan untuk kesehatan paru-paru adalah minyak zaitun, minyak zaitun dikenal kaya akan manfaat kesehatan, salah satunya untuk paru-paru. Sebuah penelitian yang melibatkan 871 peserta menemukan bahwa asupan minyak zaitun dapat menekan risiko asma.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)