Senin, 28 Sep 2020 05:38 WIB

Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Agar Manfaatnya Optimal

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Tired female athlete drinking fresh water while resting from exercising class in a health club. Minum air putih (Foto: iStock)
Jakarta -

Kurang mengkonsumsi air putih akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Setiap harinya kita disarankan minum setidaknya 8 gelas air karena 80 persen tubuh terdiri dari air.

Pada dasarnya, keseimbangan cairan tubuh harus terjaga sepanjang hari. Karenanya, minum air putih harus dilakukan secara teratur jangan sampai tubuh kekurangan cairan pada waktu-waktu tertentu.

Menurut para pakar, minum air putih dapat memberikan manfaat paling optimal ketika diminum pada waktu-waktu berikut:

1. Pagi hari

Memulai hari dengan minum air putih merupakan hal yang tepat agar terhindar dari dehidrasi. Saat kamu tidur di malam hari, tubuh mengeluarkan banyak cairan seperti berkeringat dan buang air kecil sehingga saat bangun tidur mengalami dehidrasi ringan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan berdampak buruk pada memori, konsentrasi, tingkat kecemasan, dan kelelahan.

2. Sebelum makan

Minum segelas air putih sebelum makan merupakan strategi yang tepat untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air 500 mL pada 30 menit sebelum sarapan, akan mengurangi asupan kalori sebesar 13 persen. Studi lain juga menemukan bahwa minum air 300-500 mL sebelum makan siang akan mengurangi nafsu makan sehingga mencegah kamu makan berlebihan.

3. Sebelum dan sesudah berolahraga

Minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan yang hilang. Kehilangan cairan yang berlebihan selama latihan dapat merusak kinerja fisik dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

4. Jangan berlebihan

Tubuh punya mekanisme untuk mengatur keseimbangan air. Jika tubuh kelebihan air, akan dikeluarkan melalui kulit, paru-paru, ginjal, dan sistem pencernaan.

Meskipun jarang terjadi, minum terlalu banyak air dapat mengganggu kadar natrium dan keseimbangan cairan tubuh yang menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, kebingungan, kelelahan, kejang, dan koma.

Cobalah untuk mengatur waktu minum air putih secara teratur agar tidak kelebihan dan kekurangan yang memberikan dampak buruk pada tubuh.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)