Rabu, 04 Nov 2020 20:59 WIB

7 Makanan yang Enak Ditelan Saat Radang Tenggorokan

Farah Nabila - detikHealth
radang tenggorokan Radang tenggorokan (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Sakit radang tenggorokan bisa membuat makan dan menelan menjadi sulit. Ketika hal itu terjadi, sulit untuk menemukan makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi. Namun, tubuh tetap membutuhkan nutrisi untuk membantunya cepat sembuh.

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum adalah infeksi virus, sama halnya seperti pilek dan flu. Gejala radang tenggorokan dapat berupa demam, suara hilang, amandel merah dan kehilangan selera makan. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dan mempercepat proses pemulihan.

Dikutip dari Medical News Today, berikut makanan dan minuman yang aman dikonsumsi selama radang tenggorokan.

1. Sup ayam

Sup ayam adalah pilihan jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk radang tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa sup ayam memiliki sifat anti inflamasi dan membantu melancarkan saluran pernapasan yang dapat mengurangi gejala radang tenggorokan.

2. Telur orak arik

Telur merupakan sumber protein yang dibutuhkan tubuh untuk perbaikan jaringan. Telur orak-arik memiliki tekstur lunak yang dapat ditoleransi oleh tenggorokan yang meradang.

3. Smoothie dan Yoghurt

Yoghurt dan smoothie memiliki tekstur yang lembut sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang mengalami radang tenggorokan. Kedua jenis minuman ini dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama proses pemulihan.

4. Jahe

Jahe tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk teh dan bubuk. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]