Rabu, 13 Jan 2021 05:55 WIB

8 Makanan Penambah Imunitas untuk Cegah Corona

Zintan Prihatini - detikHealth
Bowl of Garlic sauce or mayonnaise on a wooden board. Bawang putih bisa meningkatkan imun tubuh (Foto: Getty Images/iStockphoto/bit245)
Jakarta -

Menjaga imunitas sangat penting, agar tubuh terlindungi dari berbagai penyakit, terutama di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Selain meningkatkan imunitas, untuk mecegah paparan virus Corona, tetap diperlukan 3 M, yaitu menjaga jarak dan menghindari kerumunan, menggunakan masker, serta mencuci tangan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun, di antaranya menjaga pola makan, gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga. Selain itu, ada banyak makanan penambah imunitas untuk mencegah Corona.

Dikutip dari Healthline, berikut makanan yang dapat meningkatkan imunitas untuk mencegah paparan virus Corona.

1. Buah sitrus

Banyak orang langsung beralih ke vitamin C setelah terkena flu, karena kandungannya membantu membangun sistem kekebalan. Beberapa buah yang mengandung vitamin C yang tinggi, cukup mudah ditemukan.

Di antaranya jeruk bali, jeruk nipis, jeruk keprok, hingga jeruk lemon. Jumlah harian vitamin C yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 75 mg untuk wanita, dan 90 mg untuk pria.

2. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai makanan yang bisa melawan infeksi. Selain itu, bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri, dan membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin yang ada dalam bawang putih, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Jahe

Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang membantu mengurangi sakit tenggorokan, penyakit inflamasi, dan meredakan mual. Selain itu, mengonsumsi jahe dapat mungkin bisa menurunkan kadar kolesterol.

4. Pepaya

Makanan penambah imunitas ini kaya akan vitamin C. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan, disebut papain yang memiliki efek antiinflamasi. Jumlah kalium, magnesium, dan folat yang cukup dalam pepaya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pentingnya Asupan Protein di Masa Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]