Rabu, 13 Jan 2021 05:55 WIB

8 Makanan Penambah Imunitas untuk Cegah Corona

Zintan Prihatini - detikHealth
Bowl of Garlic sauce or mayonnaise on a wooden board. Bawang putih bisa meningkatkan imun tubuh (Foto: Getty Images/iStockphoto/bit245)

5. Kerang

Kerang mengandung banyak zinc yang dibutuhkan tubuh agar sel kekebalan dapat berfungsi dengan baik. Beberapa makanan laut yang memiliki banyak zinc meliputi tiram, kepiting, dan lobster.

Perlu diingat bahwa jumlah zinc yang disarankan per hari dalam makanan adalah 11 mg untuk pria, 8 mg untuk wanita. Kelebihan zinc justru bisa menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh.

6. Bayam

Selain kaya akan vitamin C, bayam juga dikemas dengan antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi melalui sistem kekebalan. Bayam paling sehat jika dimasak sebentar untuk mempertahankan nutrisinya.

7. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral, dan dikemas dengan vitamin A, vitamin C, serta vitamin E, dan antioksidan lainnya. Brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa dikonsumsi secara rutin. Sama seperti bayam, masak brokoli sebentar saja atau dengan cara dikukus untuk menjaga nutrisi yang ada di dalamnya.

8. Paprika merah

Paprika merah mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C dari jeruk. Makanan ini juga kaya akan beta karoten.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Beta karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)