Senin, 25 Jan 2021 05:06 WIB

7 Makanan Sumber Vitamin D, Nutrisi Penting di Tengah Pandemi COVID-19

Kanya Anindita - detikHealth
Healthy foods containing vitamin D. Top view Sumber vitamin D (Foto: Getty Images/iStockphoto/yulka3ice)
Jakarta -

Vitamin D adalah satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh Anda saat terkena sinar matahari. Rajin-rajinlah berjemur di pagi hari karena sinar matahari pagi bagus untuk kesehatan.

Jika Anda merasa kurang berjemur untuk mendapatkan sinar matahari, Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan vitamin D. Namun, tetap saja butuh berjemur untuk mengaktifkan provitamin D yang terkandung dalam makanan.

Dikutip dari Healthline, berikut 7 asupan yang kaya akan vitamin D:

1. Salmon

Menurut Basis Data Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi salmon seberat 3,5 ons (100 gram) mengandung 526 IU vitamin D. Kandungan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh hingga 200 persen.

2. Ikan herring dan sarden

Ikan herring ini merupakan salah satu sumber vitamin D. Ikan ini mengandung 216 IU vitamin D per 3,5 ons (100 gram). Sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik di mana satu kaleng (3,8 ons) mengandung 177 IU vitamin D.

3. Minyak hati ikan kod

Jika Anda tidak suka ikan, mengonsumsi minyak ikan kod bisa menjadi pilihan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi vitamin D. Setiap satu sendok teh minyak hati ikan kod mengandung 448 IU vitamin D. Minyak hati ikan kod juga merupakan sumber vitamin A yang baik untuk tubuh.

4. Tuna kaleng

Tuna kalengan mengandung 268 IU vitamin D per 3,5 ons (100 gram) dan sanggup mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 34 persen. Tuna kalengan juga merupakan sumber niasin dan vitamin K yang baik bagi tubuh.

Lalu, asupan apa lagi yang kaya akan vitamin D?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Simak! Petunjuk Konsumsi Suplemen Vitamin D untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]