Kamis, 11 Feb 2021 06:55 WIB

10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ardela Nabila - detikHealth
Spaghetti Saus Terung dan Tomat Makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru (Foto: iStock)
Jakarta -

Menjaga kesehatan paru-paru merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan agar tubuh terus sehat. Namun, terdapat sejumlah faktor umum yang justru memberikan efek negatif bagi paru-paru, seperti merokok dan mengonsumsi makanan tidak sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup, termasuk memperhatikan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat melindungi paru-paru serta mengurangi risiko penyakit paru.

Dikutip dari laman Healthline, berikut 10 makanan terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru.

1. Apel

Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi apel secara rutin, 5 atau lebih setiap minggunya, dapat membantu meningkatkan fungsi paru. Selain itu, mengonsumsi apel dapat mengurangi risiko asma dan kanker paru-paru.

2. Yogurt

Yogurt kaya akan kalsium, potasium, fosfor, serta selenium. Kandungan nutrisi dalam yogurt dapat meningkatkan fungsi paru dan melindungi paru dari risiko penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

3. Kopi

Selain dapat meningkatkan energi, kandungan kafein serta antioksidan dalam kopi juga memiliki manfaat untuk melindungi paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu meningkatkan fungsi paru untuk melawan penyakit pernafasan.

4. Tomat

Tomat serta produk dengan bahan utama tomat merupakan sumber likopen, sebuah antioksidan karotenoid yang berfungsi menjaga kesehatan paru. Mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan bagi orang-orang pengidap asma dan meningkatkan fungsi paru bagi pengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

5. Kunyit

Kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dengan adanya kandungan antioksidan serta anti-inflamasinya. Senyawa aktif kurkumin dalam kunyit memiliki manfaat utama untuk meningkatkan fungsi paru-paru.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Asupan Gizi yang Perlu Diperhatikan Saat Terpapar Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]