Kamis, 11 Feb 2021 06:55 WIB

10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ardela Nabila - detikHealth
Spaghetti Saus Terung dan Tomat Makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru (Foto: iStock)

6. Labu

Labu memiliki sejumlah manfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru. Labu kaya akan karotenoid termasuk beta karoten, lutein, serta zeaksantin yang memiliki antioksidan tinggi serta anti-inflamasi.

7. Bluberi

Bluberi kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan, termasuk melindungi dan menjaga fungsi paru. Selain itu, bluberi merupakan salah satu sumber senyawa antosianin, seperti malvidin, sianidin, peonidin, delfinidin, dan petunidin. Mengonsumsi minimal 2 porsi bluberi setiap minggunya dapat memperlambat penurunan fungsi paru hingga 38 persen.

8. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dapat meningkatkan antioksidan serta anti-inflamasi untuk menghambat fibrosis paru atau gangguan pernapasan akibat terbentuknya jaringan parut di paru.

9. Kol ungu

Kandungan antosianin pada kol ungu bermanfaat untuk mengurangi penurunan fungsi paru. Selain itu, kol juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan paru.

10. Minyak zaitun

Mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu melindungi paru dari kondisi pernafasan seperti asma. Minyak zaitun merupakan sumber anti-inflamasi dan antioksidan tinggi, seperti polifenol dan vitamin E yang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)