Kamis, 11 Feb 2021 08:31 WIB

Ingin Cepat Pangkas Berat Badan? 8 Makanan Ini Bisa Membantu

Ardela Nabila - detikHealth
Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus Berat badan tidak turun-turun bisa jadi karena salah makan (Foto: istock)
Jakarta -

Salah satu penyebab berat tubuh tidak ideal adalah lemak. Selain makanan berminyak, lemak juga berasal dari makanan dengan kandungan dengan kadar gula dan garam yang tinggi.

Untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal, kamu bisa memilih jenis makanan yang kamu konsumsi. Makanan dengan kandungan kombinasi serat, protein, serta nutrisi dapat meluruhkan lemak yang ada dalam tubuh.

Dikutip dari laman Eat This, simak beberapa makanan dan minuman yang bisa membakar lemak dalam tubuh.

1. Nasi merah

Nasi yang berasal dari beras merah ini kaya akan serat yang dapat membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Dibandingkan dengan nasi putih, kombinasi karbohidrat dan serat di dalam beras merah bisa membuat perut kenyang serta membakar lemak secara optimal di waktu yang sama.

2. Cabai

Memiliki cita rasa pedas, cabai ternyata memiliki manfaat untuk mendorong proses metabolisme dalam tubuh lantaran memiliki kandungan capsaicin yang dapat membakar kalori dan juga lemak.

3. Jamur

Jamur memiliki kandungan lemak dan kalori yang dapat menurunkan berat badan. Selain itu, aneka jenis jamur juga dapat menstimulasi tubuh, sehingga dapat menciptakan metabolisme yang baik.

4. Apel

Sejumlah studi membuktikan apel terbukti dapat mengurangi asupan kalori jika dikonsumsi. Kaya akan vitamin A, C, dan mikronutrien, buah yang satu ini dapat membakar lemak dengan sempurna.

5. Tomat

Tak hanya memiliki manfaat untuk kulit, buah yang mengandung kalium dan air ini juga dapat mengatasi masalah kelebihan natrium yang bisa menyebabkan penumpukan lemak di tubuh. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan.

6. Kentang panggang

Makanan alternatif bagi orang yang tengah menjalankan diet ini memiliki manfaat untuk membakar lemak. Selain kaya akan karbohidrat kompleks dan serat, kentang ternyata juga rendah akan lemak, sehingga bermanfaat untuk metabolisme tubuh dan pencernaan.

7. Kiwi

Buah dengan kandungan actinidin atau enzim yang membantu pencernaan dan memecah protein ini memiliki kandungan serat prebiotik yang baik untuk usus dan pencernaan. Menurut sebuah studi, mengkonsumsi satu buah kiwi dalam sehari dapat meningkatkan dan melancarkan buang air besar.

8. Teh hijau panas

Kandungan polifenol dalam teh hijau memiliki manfaat untuk mempercepat metabolisme dan membakar kalori lebih banyak, khususnya pada bagian perut. Selain itu, kandungan asam amino theanine memiliki peran untuk menenangkan tubuh, sehingga keinginan untuk makan berlebih akan menghilang.



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)