Jumat, 19 Mar 2021 05:59 WIB

Kunci Pangkas Berat Badan, Lakukan 2 Hal Ini di Pagi Hari

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi makan Foto: thinkstock
Jakarta -

Mengonsumsi sarapan di pagi hari dapat membantu menjaga berat badan, bahkan menurunkannya. Selan itu, sarapan juga dapat membantu tubuh menjadi kuat dan berenergi saat beraktivitas sepanjang hari.

Tak hanya sarapan, ternyata terdapat kebiasaan lainnya yang jika dilakukan secara rutin juga dapat dijadikan kunci untuk menurunkan berat badan, lho. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Dikutip dari laman Eat This, berikut 2 kebiasaan di pagi hari yang bisa dijadikan kunci untuk menurunkan berat badan.

1. Olahraga

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Obesity, berolahraga di pagi hari dapat menurunkan berat badan secara signifikan dibandingkan dengan orang-orang yang berolahraga di siang hari. Tak perlu olahraga berat dan intens, gerakan tubuh sederhana di pagi hari juga dapat mempengaruhi mindset dan pola makan seseorang sepanjang hari.

Studi lain yang dilakukan selama 10 bulan menemukan bahwa waktu yang dipilih untuk berolahraga memiliki peran penting terhadap penurunan berat badan. Studi tersebut juga menyebutkan bentuk-bentuk olahraga sederhana yang bisa dilakukan di pagi hari, yakni jogging, jalan pagi, bersepeda, yoga, dan pilates.

Saat memutuskan untuk berolahraga pagi, penting bagi kamu untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai dengan keinginanmu. Pasalnya, menentukan jenis olahraga yang cocok akan membuat kamu merasa lebih senang saat melakukannya lantaran tidak terpaksa.

2. Konsumsi protein

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi di pagi hari, termasuk protein tanpa lemak, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks, setelah berolahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Artinya, penting untuk memperhatikan kandungan nutrisi pada makanan yang akan disantap saat sarapan. Salah satu contoh menu sarapan yang kaya akan nutrisi adalah roti dengan alpukat yang dihancurkan dan telur goreng.

Protein memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot. Menurut sejumlah studi, tubuh menggunakan lebih banyak kalori untuk metabolisme protein dibandingkan dengan lemak dan karbohidrat. Dengan demikian, kamu menjadi tidak lagi mudah lapar. Selain itu, penelitian lainnya juga menemukan bahwa protein berperan penting untuk pembentukan otot.



Simak Video "Puasa Bikin Gemuk Atau Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)