Rabu, 07 Apr 2021 09:25 WIB

3 Kesalahan Umum yang Kerap Menggagalkan Diet

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Cropped shot of an unrecognizable woman struggling with weight issues Gagal diet (Foto: Getty Images/katleho Seisa)
Jakarta -

Beberapa orang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan meskipun sudah menerapkan diet defisit kalori dengan ketat.

Hal tersebut juga pernah dialami oleh Tina Haupert seorang penulis diet sehat dan pelatih kebugaran. Berikut kesalahan umum yang sering terjadi saat berusaha menurunkan berat badan diungkapkan oleh Tina Haupert, dikutip dari Health.

1. Tidak memerhatikan porsi dan kalori yang masuk

Sering ditemukan orang-orang yang beralih ke makanan sehat sudah merasa cukup untuk dapat menurunkan berat badan.

Tanpa disadari meskipun sudah beralih ke makanan sehat, makanan yang dikonsumsi ternyata dalam jumlah atau porsi yang sangat besar sehingga membuat tubuh tetap dalam kondisi yang sama.

Di beberapa kejadian juga seseorang telah memerhatikan porsi makan tetapi makanan yang ia pilih ternyata memiliki kalori yang sangat tinggi sehingga badan tidak akan kunjung mengalami penurunan berat badan.

2. Tidak memerhatikan nutrisi yang masuk

Memerhatikan kalori dan porsi makan memang penting untuk memulai diet penurunan berat badan. Meski begitu, harus diperhatikan juga kandungan nutrisi pada makanan tersebut.

Tidak heran jika banyak seseorang yang sudah makan cukup untuk memulai diet penurunan berat badan tetapi setelah beberapa saat badannya akan terasa lemas dan tidak berenergi.

"Alih-alih menghitung kalori, saya fokus untuk menambahkan lebih banyak makanan utuh, terutama buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi, ke dalam diet saya, yang membantu saya mengurangi kalori sekaligus meningkatkan nutrisi pada saat yang bersamaan," kata Haupert.

3. Tidak cukup makan di siang hari

Saat menjalankan diet Haupert mengaku ia berjanji makan dengan benar dan berolahraga setiap hari. Seringkali hal yang ia rencanakan di pagi hari berjalan dengan lancar.

"Saya akan bangun pagi untuk latihan yang memompa jantung dan membuat pilihan yang sehat dengan makanan saya sepanjang hari," ungkapnya.

Namun setelah menjalani hari yang melelahkan dan tidak cukup makan di siang hari, seringkali hal tersebut dilampiaskan dengan memesan makanan yang berminyak atau memakan cemilan hingga larut makan karena sangat lapar.

"Jika saya tidak makan banyak makanan dan camilan sepanjang hari-yang mengandung karbohidrat penuh serat, protein rendah lemak, dan lemak sehat-saya pasti akan makan berlebihan di penghujung hari," katanya.



Simak Video "Pahami Diet dengan Benar Biar Pintar"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)