Jumat, 18 Feb 2022 05:00 WIB

Kapan Waktu Ideal untuk Sarapan? Ini Saran Dokter Gizi

Atilah Tia Abelta - detikHealth
ilustrasi makan Sarapan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sarapan adalah waktu makan yang paling sering dilewatkan oleh sebagian orang. Padahal, sarapan diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain dapat memberikan energi untuk beraktivitas sepanjang hari, sarapan juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga tingkat gula darah dan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan fungsi kognitif.

Di sisi lain, melewatkan sarapan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti stres, kelelahan, serta meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Sebab, melewatkan sarapan dapat membuat hormon yang menyebabkan seseorang merasa lapar menjadi kebingungan.

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang sering melewatkan sarapan. Kesiangan dan terburu-buru merupakan alasan yang paling sering terjadi. Lantas, sebenarnya kapan waktu terbaik untuk sarapan?

Waktu yang ideal untuk sarapan

Spesialis gizi klinik dr Diana F Suganda, M.Kes, SpGK menuturkan, jam sarapan yang ideal sudah pasti sebelum memulai aktivitas. Setengah jam atau satu jam sebelum sekolah atau bekerja, bisa dikatakan waktu yang tepat untuk sarapan.

"Kalau ngomongin jam sarapan, ya sudah pasti sebelum kita aktivitas. Jadi misal, anaknya sekolah jam tujuh, ya paling engga jam setengah tujuh atau jam enam sudah mulai sarapan," jelas dr Diana dalam konferensi pers pada Kamis (17/2/2022).

"Sebenarnya tujuan kita sarapan itu kan kita memberikan energi pada saat kita bekerja, pada saat kita sekolah. Jadi sebaiknya sarapan sebelum melakukan kegiatan sekolah dan bekerja. Ya setengah jam atau satu jam sebelum sekolah masih oke," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]