ADVERTISEMENT

Selasa, 20 Sep 2022 12:15 WIB

Rahasia Okky Lukman Diet Tetap Makan Nasi Tapi BB Turun Drastis, Ini Tipsnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
okky lukman diet Berat badan Okky Lukman turun drastis, ini tips diet tetap makan nasi. (Foto: Instagram @okidatanglagi)
Jakarta -

Penampilan terkini Okky Lukman bikin netizen pangling lantaran berhasil menurunkan berat badannya hingga 10 kilogram. Rupanya, ia menjalani diet dan olahraga.

Namun, ia mengaku tetap mengonsumsi nasi. Nasi yang selama ini kerap dihindari dalam pola diet lantaran dikaitkan dengan membatasi asupan karbohidrat.

Okky Lukman mengaku tak ambil pusing dengan proses diet yang dijalani. Sembari tetap rutin melakukan olahraga seperti boxing, zumba, renang, hingga muaythai.

"Nggak usah buru-buru, nikmatin prosesnya," tulis Okky dalam unggahannya terlihat sedang berolahraga lari, dikutip dari Instagram pribadinya @okidatanglagi.

"Naik turun tangga itu biasa. Apalagi naik turun berat badan, nggak usah jadi masalah," ujarnya.

Alasan Diet Tetap Efektif Meski Makan Nasi

Makan nasi putih tetap efektif menurunkan berat badan kok, penelitian menunjukkan dengan pola makan yang tepat, asupan nasi putih bisa meningkatkan metabolisme dan kadar nutrisi.

Ahli gizi dan pakar kesehatan lain sering menyarankan diet rendah kalori dan rendah lemak untuk menurunkan berat badan. Nasi putih adalah biji-bijian bebas gluten, yang rendah lemak dan mudah dicerna, yang pada akhirnya membuatnya bagus untuk meningkatkan laju metabolisme, yang mempercepat proses penurunan berat badan.

Nasi putih kaya akan vitamin dan mineral seperti Vitamin B dan Magnesium. Namun, asupan porsi berlebihan nasi putih akan menyebabkan penambahan berat badan.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika kamu diet tetap makan nasi putih.

BACA JUGA:

1. Perhatikan porsi

Ada baiknya untuk memerhatikan porsi nasi yang masuk dalam tubuh, diimbangi dengan gizi lain selain karbohidrat. Jika porsi nasi yang dikonsumsi terlalu banyak, tentu malah bisa menambah berat badan.

2. Cara memasak

Cara termudah untuk membuang nasi yang mengandung karbohidrat tinggi adalah dengan memasaknya dengan cara yang lebih sehat. Dikutip dari Times of India, merendam beras selama beberapa jam, merebusnya, membuang airnya, efektif menekan tingginya karbo.

Hindari menggoreng nasi atau menambahkan terlalu banyak lemak yang bisa menambah kalori.

3. Pendamping nasi

Cara terbaik dengan meningkatkan nilai gizi makanan nasi adalah dengan menyajikan pendamping makanan seperti sayuran. Pada akhirnya, memakan nasi saat diet bukan hal yang bisa menggagalkan rencanamu menurunkan berat badan.



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT