8 Makanan Pembersih Ginjal, Enyahkan Racun-racun Tubuh

ADVERTISEMENT

8 Makanan Pembersih Ginjal, Enyahkan Racun-racun Tubuh

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 30 Okt 2022 06:08 WIB
Human kidney in hands isolated on blue background
Makanan pembersih ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/pepifoto)
Jakarta -

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang memiliki fungsi penting, seperti menyaring racun dalam darah, menyeimbangkan kadar air, garam, dan mineral dalam tubuh, serta mengatur tekanan darah.

Ketika fungsi ginjal terganggu, terjadi penumpukan zat sisa limbah dalam tubuh, serta tidak tersaringnya racun dalam darah yang dialirkan ke seluruh tubuh sehingga dapat berakibat fatal.

Dikutip dari Medical News Today, kebanyakan orang dapat menjaga kesehatan ginjal dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan makan makanan yang sehat.

Membersihkan ginjal dapat mengoptimalkan kerja ginjal dalam tubuh. Berikut makanan-makanan yang baik untuk membersihkan ginjal:

1. Air

Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dapat membantu tubuh bekerja dengan optimal, termasuk ginjal. Pakar mengatakan, minum air 6 hingga 8 gelas per hari dapat mencukupi kebutuhan cairan harian tubuh.

Sebagai sistem penyaringan tubuh, ginjal membutuhkan air untuk mengeluarkan urine. Urine adalah produk limbah utama yang memungkinkan tubuh untuk membuang zat yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan tubuh

Ketika pasokan air rendah, volume urine juga rendah. Hal ini dapat menyebabkan disfungsi ginjal, seperti pembentukan batu ginjal.

2. Anggur

Anggur serta buah beri-berian lainnya baik untuk kesehatan ginjal. Anggur mengandung senyawa resveratrol yang dapat membantu menurunkan peradangan ginjal.

3. Jus Buah

Buah-buahan yang mengandung asam sitrat seperti lemon, jeruk, dan melon juga baik bagi kesehatan ginjal. Asam sitrat dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium pada urine. Hal ini menghambat pertumbuhan kristal kalsium yang dapat menyebabkan batu ginjal.

4. Rumput Laut

Rumput laut dipercaya memiliki manfaat baik pada ginjal. Rutin mengonsumsi rumput laut dapat membantu pengurangan kerusakan ginjal.

5. Makanan yang Kaya Kalsium

Banyak yang beranggapan bahwa menghindari kalsium akan baik bagi kesehatan ginjal. Faktanya, kalsium dibutuhkan untuk mengurangi penyerapan oksalat urine yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Makanan yang kaya akan kalsium antara lain susu kedelai, tahu, dan almond.



Simak Video "IDAI Belum Bisa Simpulkan Penyebab Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT