Selasa, 12 Sep 2017 10:43 WIB

Manfaat Luangkan Waktu Berjalan Kaki Setiap Hari Bagi Mental

Erika Kurnia - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Jalan kaki adalah aktivitas fisik paling mudah dan murah yang bisa dilakukan kita untuk tetap sehat, salah satunya bagi otak dan mental kita. Banyak studi menemukan bahwa berjalan kaki 15 menit sehari bisa mengubah dan meningkatkan positivitas mental Anda.

Berikut adalah 5 manfaat yang bisa didapatkan dari berjalan kaki setidaknya 15 menit sehari untuk kesehatan mental Anda, seperti dilansir dari Timesofindia:

1. Tingkatkan suasana hati
American Psychological Association membuat eksperimen pada mahasiswa dan menemukan bahwa berjalan kaki memberikan dorongan positif pada suasana hati mereka. Hasil positif ini didapat setelah 12 menit berjalan kaki.

2. Munculkan ide kreatif
Menurut studi di Stanford, semangat kreativitas lebih muncul ketika seseorang berjalan kaki daripada hanya duduk. Jadi, lain kali Anda butuh ide kreatif, carilah sambil aktif berjalan daripada hanya melamun sambil duduk.

Baca juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Berjalan Kaki Selama 15 Menit Setiap Hari

3. Cegah risiko masalah mental akibat penuaan
Manfaat Luangkan Waktu Berjalan Kaki Setiap Hari Bagi MentalFoto: thinkstock


Studi di Frontiers of Aging Neuroscience mengklaim bahwa ketika Anda berjalan kaki, koordinasi dan konektivitas antara beragam bagian di otak menjadi lebih baik. Hal ini akan mencegah Anda dari masalah mental terkait penuaan.

4. Menenangkan pikiran
Di Jepang ada kebiasaan yang dikenal sebagai "mandi hutan", yaitu ketika orang berjalan ke dalam hutan untuk bisa terhubung dengan alam dan menenangkan pikiran mereka. Kebiasaan ini bisa membantu melawan depresi dan menenangkan diri. Tapi tak perlu mencari hutan untuk lakukan ini, jika Anda tinggal di dekat taman atau lapangan yang cocok untuk berjalan kaki, Anda bisa memanfaatkannya juga.

5. Manfaat maksimal dengan tingkatkan kecepatan atau frekuensi berjalan kaki
Manfaat Luangkan Waktu Berjalan Kaki Setiap Hari Bagi MentalFoto: Big Hit Entertainment

Kecepatan berjalan kaki menentukan kebugaran fisik Anda, menurut studi terbaru. Tapi jika Anda tidak bisa mempercepat langkah Anda, menigkatkan frekuensi berjalan kaki setiap hari adalah solusi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari berjalan kaki.

Baca juga: Kecepatan Seseorang Berjalan Kaki Tunjukkan Seberapa Sehat Jantungnya (mrs/mrs)