Rabu, 03 Mar 2021 09:05 WIB

Catat! Ini Pentingnya Konsumsi Vitamin D Selama Pandemi COVID-19

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Angka kasus yang terjadi baik di Indonesia masih terus bertambah. Upaya-upaya penanggulangan COVID-19 pun terus digencarkan.

Saat ini, pemerintah terus melakukan sosialisasi tentang 5M kepada masyarakat. Adapun 5M tersebut yaitu mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Vaksinasi COVID-19 pun kini terus dilakukan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

Selain upaya-upaya tersebut, masyarakat juga diminta berperan aktif dalam menanggulangi bencana ini. Caranya yaitu dengan selalu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Bisa dengan berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menambah asupan vitamin.

Menyadur dari Pedoman Tatalaksana COVID-19, edisi 3 tahun 2020, masyarakat dapat mengonsumsi suplemen vitamin D3 dosis 400IU - 1000IU. Hal ini dilakukan karena banyak masyarakat Indonesia yang berada pada level defisiensi atau kekurangan vitamin D3. Vitamin D3 teridentifikasi dalam kaitan dengan kesehatan tulang, tetapi vitamin D3 juga memiliki banyak fungsi lain, termasuk peran pentingnya dalam sistem imun.

Berdasarkan data ilmiah, kadar vitamin D3 yang rendah dikaitkan dengan banyak faktor yang dapat mempengaruhi kerentanan terhadap COVID-19 dan tingkat keparahan COVID-19. Oleh karena itu, agar tubuh tak rentan terhadap virus dan mampu melawannya, maka meningkatkan kadar vitamin D3 dalam tubuh penting dilakukan mulai saat ini.

Vitamin D banyak terdapat pada makanan seperti ikan, udang, jamur, kuning telur, dan lain sebagainya. Namun, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D3 dengan cara yang lebih praktis yaitu melalui konsumsi Prove D3-1000.

ShutterstockFoto: Kalbe

Prove D3-1000 bisa digunakan untuk meningkatkan kadar 25(OH)D dalam darah pada pasien dengan kekurangan vitamin D. Banyak penyakit yang dipengaruhi atau disertai oleh defisiensi vitamin D, sehingga Prove D3-1000 dapat diberikan pada berbagai kasus penyakit yang disertai dengan defisiensi vitamin D.

Saat ini Prove D3 telah hadir dengan sediaan drops 400 IU per tetes dan tablet 1000 IU. Kamu bisa mengonsumsi Prove D3-1000 1 tablet sehari setelah makan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. (fhs/ads)