Selasa, 22 Nov 2011 19:04 WIB

Kenali Peta Erotis di Tubuh Pria dan Wanita

- detikHealth
Jakarta - Masalah gangguan seksual seperti sulit mencapai orgasme kadang-kadang terjadi karena pasangan kurang bisa mengeksplorasi bagian-bagian sensitif pada tubuh. Pasangan dinilai perlu mengetahui peta bagian-bagian erotis di tubuh pasangannya agar terhindar dari masalah psikologi seksual.

Zona erotis adalah tempat-tempat pada tumbuh manusia yang bila distimulasi dengan rabaan, sentuhan, ciuman atau pijatan dengan berbagai intensitas yang akan menimbulkan rangsangan seksual dan kenikmatan birahi.

"Jika sulit orgasme maka mulailah melakukan eksplorasi pada tubuh Anda. Bisa sendiri, bisa berdua dengan pasangan, tapi sebaiknya berdua sehingga pasangan jadi paham peta erotis di tubuh Anda," kata Psikolog Seksual Zoya Amirin M.Psi dalam konsultasi psikoseksual di detikHealth.

Menurut Zoya, untuk bisa orgasme maka setiap individu dan pasangan perlu tahu daerah erotis tubuhnya dan tubuh pasangannya. Semakin orang merasa nyaman dengan tubuhnya dan merasa dicintai dan dipuja pasangannya maka kemampuan orgasme akan semakin tinggi.

Dengan mengetahui zona erotis dari diri sendiri dan pasangan maka bisa membantu mencapai orgasme sehingga pasangan terhindar dari masalah ketidakpuasan.

Berikut ini daerah zona erotis dari tubuh perempuan dan laki-laki, seperti dikutip dari Askmen, Selasa (22/11/2011) yaitu:

Zona erotis perempuan

1. Bibir
Bibir diketahui sebagai zona sensitif seksual perempuan nomor satu, karena aktivitas di bibir bisa sangat mungkin menggairahkan perempuan.

2. Vagina atau klitoris
Beberapa perempuan senang membimbing pasangannya agar bisa mencapai tekanan tertentu yang dinikmatinya.

3. Puting payudara
Payudara merupakan daerah seksual yang sangat sensitif, karenanya aktivitas seputar wilayah ini bisa sangat membangkitkan gairah.

4. Pergelangan tangan
Melakukan foreplay dengan menciumi pergalangan tangan perempuan untuk meningkatkan gairah seksualnya.

5. Kaki
Perempuan bisa menikmati ketika pasangan menghabiskan waktu untuk membelai telapak, jari dan pergelangan kaki, karena daerah ini bisa menimbulkan sensasi geli yang menyenangkan si penerima.

6. Telinga
Banyak perempuan menikmati ketika telinganya disentuh. Selain itu perempuan juga suka ketika pasangan membisikkan sesuatu yang romantis atau nakal di telinganya.

7. Pangkal leher
Hembusan napas yang mengenai bagian tubuh ini bisa bikin tubuh merinding, dan reaksi lebih besar bisa terjadi jika menggunakan lidah atau gigi.

8. Bokong
Banyak perempuan yang merasa gairah ketika bokongnya dipukul ringan, sementara yang lainnya sudah merasa gairah meski hanya disentuh saja.

9. Bagian belakang lutut
Daerah ini juga punya banyak ujung saraf tapi jangan berlebihan seperti terlalu kasar atau terlalu banyak gelitik.

10. Paha bagian dalam
Bagian ini sangat sensitif karena memiliki banyak ujung saraf. Tapi sebaiknya tidak menggigitnya karena bisa menyebabkan rasa sakit.

Zona erotis laki-laki

1. Perineum dan penis
Perineum merupakan daerah antara skrotum dan anus, daerah ini bisa memberikan sensasi yang fantastis bagi laki-laki.

2. Kaki
Ambil lotion dan berikan pijatan karena laki-laki sangat suka dipijat di kaki. Selain itu tumit kaki diyakini menjadi titik tekanan yang bisa memicu gairah seksual.

3. Telinga
Banyak laki-laki yang sangat suka ketika telinganya tersentuh, tapi daerah ini sering terlupakan.

4. Bagian belakang lutut
Bagian ini mungkin bisa membuat geli sekaligus menyenangkan. Kulit yang halus dibagian belakang lutut membuat laki-laki suka disentuh pada daerah itu.

5. Perut bagian bawah
Daerah perut antara pusar dan panggul merupakan bagian yang menyenangkan untuk distimulasi, karena darah bisa mengalir ke pelvis dan mengumpulkan ketegangan seksual.

6. Paha bagian dalam
Menyentuh daerah ini bisa membuat laki-laki mendapatkan suasana hati yang menyenangkan.

7. Pikiran
Pikiran adalah zona sensitif yang kuat bagi laki-laki, sistem saraf umum pusat di otak bisa membantu fasilitasi gairah seksual. Ketika pikiran mulai merasa senang maka tubuh akan ikut bereaksi.

8. Kelopak mata
Ketika mata tertutup, maka ciuman atau mengusap lembut kelopak matanya bisa menunjukkan padanya bahwa Anda benar-benar mencintainya.

9. Pangkal leher
Menggunakan bulu, jari atau sentuhan lembut di leher dan daerah tulang leher bisa meningkatkan gairah para laki-laki, sekaligus merangsang pikirannya.

10. Dahi
Dahi mungkin tidak tampak seperti sebuah titik seksi, tapi kepala dan kulit kepala juga ditutupi dengan ujung saraf sehingga pijatan ringan di daerah ini bisa memicu rasa senang karena adanya hormon dopamin dan serotonin yang dikeluarkan oleh tubuh.
 
 
(ver/ir)