Minggu, 19 Apr 2015 09:06 WIB

Studi Ungkap Makan Buah Pir Menyehatkan Bagi Pasien Diabetes

- detikHealth
Jakarta -

Suka makan buah pir? Sebuah studi baru menunjukkan bahwa konsumsi buah pir dapat dijadikan sebagai bagian dari diet sehat yang membantu mengelola diabetes tipe 2 dan diabetes plus hipertensi.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di Food Research International ini menunjukkan bahwa tim peneliti dari North Dakota State University dan University of Massachusetts mempelajari apakah kulit dan isi buah pir dapat memengaruhi pengelolaan diabetes tipe 2 dan hipertensi, seperti dikutip dari Science Daily, Minggu (19/4/2015).

Senyawa fenolik alami dalam buah pir diketahui memberikan manfaat antioksidan yang melawan diabetes. Studi baru ini juga menemukan bahwa konsentrasi kandungan fenolik yang tinggi dan bervariasi, serta diyakini memberikan manfaat sehat banyak ditemukan pada pir, terutama pada bagian kulitnya.

Baca juga: Selain Darah Tinggi, Diabetes Saat Hamil Juga Dituding Picu Autisme

"Hasil penelitian kami dari uji in vitro menunjukkan bahwa jika kita mengonsumsi pir sebagai buah utuh, maka hal ini berpotensi memberikan kontrol yang lebih baik diabetes tahap awal sebagai bagian dari diet sehat secara keseluruhan," ungkap Kalidas Shetty, profesor di North Dakota State University.

Dari hasil penelitian, selain baik bagi pasien diabetes, konsumsi buah pir juga dilaporkan baik untuk membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

"Penelitian lebih lanjut akan sangat diperlukan untuk menyelidiki senyawa bioaktif dalam kulit dan isi buah pir tersebut. Pir sendiri diketahui sehat karena mengandung tinggi serat, asam amino, dan vitamin C," imbuh Shetty. dapat memberikan wawasan tambahan tentang peran pir dalam sistem makanan sehat.

(ajg/up)