Selasa, 26 Mei 2015 08:38 WIB

Hati-hati, Jarang Olahraga Juga Bisa Picu Timbulnya Jerawat <i>Lho</i>

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Meskipun tahu manfaatnya banyak, kenyataannya tak sedikit juga yang masih enggan berolahraga dengan alasan tak ada waktu atau malas. Hati-hati, jarang olahraga pun efeknya bisa berdampak pada kulit wajah. Risiko kulit jadi berjerawat bisa meningkat.

Demikian disampaikan oleh dr Reisa Broto Asmoro dari Dr Oz Indonesia, dalam acara bincang sehat Dr Oz Indonesia, yang diadakan di sela-sela peluncuran 'Relawan Muda Jelajah Mobil Sehat CT Foundation' di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, seperti ditulis pada Selasa (26/5/2015).

"Di dalam kulit ada kelenjar minyak, dia akan memproduksi minyak, makin hari makin banyak. Nah, di kulit kan bisa ada bakteri, makanannya ya si minyak itu. Kala produksi minyak berlebihan bisa menimbulkan jerawat," papar dr Reisa.

Baca juga: Buah High GI Seperti Mangga Juga Bisa Bikin Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Dilanjutkan dr Reisa, berolahraga sangat baik karena dapat mengontrol hormon yang memproduksi minyak. Olahraga juga disebutkan dapat memengaruhi mood. Dengan rajin berolahraga, maka risiko stres dan depresi akan menurun sehingga jerawat pun enggan mendekat.

dr Ryan Thamrin menambahkan, olahraga sebaiknya memang dijadikan gaya hidup. Namun ia berpesan untuk tidak menggunakan kosmetik saat berolahraga. Meskipun tujuannya agar wajah tetap tampak fresh, namun hal ini justru malah dapat memicu jerawat. "Kosmetik dapat menyumbat pori-pori, kalau tercampur debu bisa picu jerawat," tuturnya.

Setelah berolahraga, cuci muka dengan sabun khusus secukupnya. Maksimal cuci muka dilakukan sehari 2-3 kali, sebab menurut dr Reisa jika terlalu sering juga dapat mengganggu ritme produksi minyak dalam kulit.

Baca juga: Pencet Jerawat Berisiko Infeksi, Bagaimana dengan Komedo?



(Ajeng Anastasia Kinanti/AN Uyung Pramudiarja)
News Feed