ADVERTISEMENT

Kamis, 28 Jul 2022 09:17 WIB

Hari Hepatitis Sedunia 2022: Tema, Sejarah, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
The word Hepatitis is written on wooden blocks next to tablets on a blue background. Medical concept Hari Hepatitis Sedunia 2022 (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)
Jakarta -

Hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 28 Juli. Hepatitis sendiri merupakan penyakit peradangan pada hati atau liver. Adapun penyebabnya bermacam-macam, salah satunya infeksi virus hepatitis A, B, C, D, dan E.

Namun, baru-baru ini juga dunia tengah menghadapi wabah baru infeksi hepatitis akut misterius yang sampai saat ini masih belum diketahui penyebabnya. Bahkan bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak hingga dewasa.

Dikutip dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagian besar infeksi hepatitis akut menyebabkan penyakit ringan, dan bahkan tidak terdeteksi. Namun, dalam beberapa kasus, ada juga yang menyebabkan komplikasi hingga fatal. Pada tahun 2019, tercatat ada 78 ribu kematian yang terjadi di seluruh dunia akibat komplikasi infeksi hepatitis A hingga E akut.

Oleh karenanya, momentum Hari Hepatitis Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan tindakan global terhadap virus hepatitis. Berikut seluk-beluk Hari Hepatitis Sedunia.

Tema Hari Hepatitis Sedunia 2022

Tema Hari Hepatitis Sedunia 2022 adalah "Bringing Hepatitis Care Closer to You", artinya "Membawa Perawatan Hepatitis Lebih Dekat dengan Anda".

Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya menyederhanakan dan menyediakan perawatan hepatitis ke fasilitas kesehatan primer, tempat berbasis komunitas, dan lokasi di luar lokasi rumah sakit. Untuk itu, perawatan lebih dekat dengan komunitas dan masyarakat, misalnya puskesmas.

Strategi Sektor Kesehatan Global tentang HIV, hepatitis virus, dan infeksi menular seksual untuk periode 2022-2030, menekankan pentingnya perawatan yang berpusat pada orang dan penyelarasan sistem, serta integrasi layanan untuk mencapai tujuan eliminasi pada tahun 2030.

Tujuan untuk hepatitis setidaknya 60 persen orang yang hidup dengan hepatitis B dan C harus didiagnosis dan setidaknya 50 persen memenuhi syarat untuk pengobatan harus sembuh (hepatitis C) atau menerima pengobatan (hepatitis B) pada tahun 2025.

Agar hal ini terjadi, mereka yang membutuhkan harus memiliki akses ke layanan hepatitis yang dapat diakses, serta yang merata, efektif, efisien, tepat waktu dan dengan kualitas baik.
Selain perawatan, WHO juga membagikan lima tindakan untuk melindungi diri dari hepatitis:

  • Menggunakan suntikan steril
  • Menggunakan pisau cukur dan pisau sendiri (tidak berbagi dengan orang lain)
  • Melakukan seks yang aman
  • Gunakan peralatan tato dan tindik yang aman (bersih dan steril)
  • Vaksinasi bayi Hepatitis B

Sejarah Hari Hepatitis Sedunia

Hari Hepatitis Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 Juli, adalah kesempatan untuk meningkatkan upaya nasional dan internasional tentang hepatitis, mendorong tindakan, dan keterlibatan oleh individu, mitra, dan masyarakat. Selain itu, menyoroti perlunya tanggapan global yang lebih besar sebagaimana diuraikan dalam laporan hepatitis Global WHO tahun 2017 .

Tanggal 28 Juli dipilih karena bertepatan dengan hari ulang tahun ilmuwan pemenang hadiah Nobel Dr Baruch Blumberg. Ia merupakan sosok yang menemukan virus hepatitis B (HBV) dan mengembangkan tes diagnostik dan vaksin untuk virus tersebut.

Cakupan pengujian dan pengobatan yang rendah adalah kesenjangan terpenting yang harus diatasi untuk mencapai tujuan eliminasi global pada tahun 2030.

Twibbon Hari Hepatitis Sedunia

Selain membagikan dan mempromosikan bahayanya virus hepatitis, bisa juga memasang sejumlah twibbon lucu yang sudah detikcom cari dari berbagai sumber.

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Hari Hepatitis Sedunia 2022

Selamat Hari Hepatitis Sedunia!



Simak Video "Kemenkes Sebut Ada 91 Kasus Kumulatif Dugaan Hepatitis Akut di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT