Selasa, 31 Des 2013 15:47 WIB

Begini Caranya Agar Anak Mau Mengerjakan PR Tanpa Disuruh

- detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Mengerjakan Pekerjaan Rumah atau PR memang bukan kegiatan menyenangkan bagi anak. Tak ayal, mereka sering terlihat malas atau tidak bersemangat ketika disuruh melakukannya. Sebagai orang tua, tentunya tidak ingin melihat anaknya dimarahi oleh guru di kelas, apalagi sampai dihukum.

Dikutip dari Scholastic, Selasa (31/12/2013), mengerjakan PR memang penting namun tidak berarti orang tua harus selalu 'menyuruh' si anak untuk mengerjakannya. Sebaliknya, orang tua harus membiasakan diri untuk membuat anak mengerjakan PR tanpa disuruh. Berikut beberapa cara yang dapat membantu anak untuk mengerjakan PR tanpa disuruh:


1. Jadwal Mengerjakan PR

Rutinitas yang jelas dapat membuat anak mengerjakan tanpa harus berargumen dulu dengan orang tua. Biasakan untuk mengerjakan PR di waktu yang sama setiap harinya. Jika anda membiasakan anak untuk mengerjakan PR pukul 17.00, tetaplah mengerjakan PR pada jadwal tersebut. Sampai nanti akhirnya anak akan tahu sendiri apa yang harus ia lakukan pada pukul 17.00.

2. Perut Kenyang Anak Senang

Anak-anak yang memulai harinya dengan sarapan yang enak terbukti mempunyai daya tangkap yang lebih baik. Jika Anda sering telat atau lupa memberi makan anak, maka bisa dipahami jika ia menolak untuk mengerjakan PR di sore hari. Membuat cemilan untuk anak adalah salah satu cara agar anak Anda tidak mengeluh ketika mengerjakan PR.

3. Sumber Materi Baru

Jika anak mengeluh bahwa buku belajarnya tidak menarik, Anda dapat menggantinya dengan buku lain dengan materi sama. Untuk hal ini tentunya anda harus berkonsultasi dengan guru sekolah mereka. Buku dengan penjelasan lewat gambar berwarna cerah lebih menarik ketimbang buku dengan tulisan saja.

4. Lingkungan Baru

Mengerjakan PR di meja belajar setiap hari tentunya akan membuat anak bosan. Cobalah tempat-tampat baru yang ada di dalam rumah seperti di kasur besar, teras atau balkon rumah. Anda juga bisa mengajaknya untuk mengerjakan PR di luar rumah. Tempat-tempat seperti perpustakaan dan kafe dapat menjadi alternatif.

5. Sedikit demi sedikit

Pernah dengar peribahasa sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit? Anda juga dapat menerapkan peribahasa tersebut untuk membantu anak mengerjakan PR. Biasakanlah untuk mengerjakan PR jauh-jauh hari sebelum dikumpulkan. Sehingga anak dapat menyicilnya menjadi dua atau tiga kali pengerjaan. Cara ini ampuh dilakukan pada anak yang cepat bosan.

6. Beri pujian dan hadiah

Mengerjakan PR memang bukan hal luar biasa, karena tentunya anak akan mendapat PR setiap hari dari sekolah. Namun tidak ada salahnya jika Anda memberi pujian ketika anak dapat mengerjakan PR sulit sendirian tanpa bantuan Anda. Hadiah yang dimaksud juga bukan hadiah yang besar atau mahal. Anda bisa memberi hadiah seperti mengizinkan anak bermain sedikit lebih lama dari biasanya pada malam sekolah atau membiarkan anak memilih film yang ingin ditontonya hari itu.

(vta/vta)