Jumat, 17 Jan 2014 15:05 WIB

Cara Sederhana untuk Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

- detikHealth
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
New Jersey - Dewasa ini, penggunaan popok bayi memang bisa memudahkan orang tua ketika mereka bepergian dengan si kecil atau saat tidur di malam hari. Namun, penggunaan popok bayi yang terlalu sering juga berefek buruk bagi kesehatan si kecil.

Ruam popok di mana kulit jadi kemerahan bisa timbul jika menggunakan popok yang daya serapnya rendah dan dalam waktu yang berkesinambungan. Saat kontak dengan urine dan feses, ruam bisa makin parah dan menimbulkan infeksi serta pembengkakan.

Nah, untuk mengatasi ruam popok, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua, seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (17/1/2014):

1. Gunakan minyak kelapa
Minyak kelapa adalah obat yang efektif untuk mengatasi ruam popok. Dengan sifatnya sebagai antiseptik, minyak kelapa bisa mengurangi kemerahan pada bagian pantat bayi. Oleskan minyak kelapa di bagian pantat yang terdapat ruam dan pijat perlahan.

2. Pakai popok katun
Saat bayi mengalami ruam pada pantatnya, hindari penggunaan popok gel berdaya serap tinggi. Lebih baik, Anda gunakan popok berbahan dasar kain untuk kulit bayi yang teriritasi.

3. Minyak zaitun
Mengoleskan minyak zaitun di ruam pada pantat bayi akan menjaga kelembaban kulitnya. Keringkan terlebih dulu kulit yang terkena ruam lalu oleskan minyak zaitun. Ini akan mencegah air melakukan kontak dengan kulit yang terkena ruam.

4. Baking soda
Tambahkan dua sendok makan baking soda ke dalam bak mandi, lalu campurkan dengan air hangat. Biarkan si kecil berendam beberapa saat sembari mandi.

5. Maizena
Campurkan tepung maizena dan gel petroleum sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan di bagian pantat bayi yang terdapat ruam. Cara ini berguna menjaga kelembaban kulit bayi.

6. Air Susu Ibu (ASI)
ASI adalah obat terbaik untuk mengatasi ruam popok, lho. Dengan berbagai kandungan nutrisi dan zat gizi di dalamnya, Anda bisa mempertimbangkan ASI sebagai obat alternatif mengatasi ruam popok.

7. Beri 'waktu bernapas'
Untuk sementara waktu, jangan pakaikan dulu popok pada si kecil. Hal ini dilakukan agar kulitnya bisa mendapatkan udara segar. Tidurkan bayi di kasur dengan alas yang lembut dan bersih dan biarkan kulitnya mendapat waktu bernapas.


(rdn/vit)