Selasa, 20 Okt 2015 07:34 WIB

Sering Lihat Tokoh Kartun Gemuk Tingkatkan Risiko Obesitas pada Anak

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Zurijeta
Jakarta - Mayoritas orang tua berpikir pola makan yang buruk ditambah malas berolahraga jadi salah satu faktor anak menjadi gemuk. Namun, pernahkah terbesit di pikiran Ayah dan Bunda jika kartun yang disaksikan anak-anak juga berkaitan dengan risiko mereka memiliki tubuh gemuk?

Adalah studi berjudul 'Kids, Cartoons, and Cookies' yang mengungkapkan bahwa anak-anak, terutama di tahun pertama dan kedua sekolah mereka jauh lebih mungkin mengonsumsi makanan yang tidak sehat dengan jumlah berlebih, ketika mereka melihat tokoh kartun yang gemuk.

Untuk studi ini, tim peneliti yang diketuai Prof Margaret Campbell meminta bantuan dua kelompok anak. Satu kelompok diberi tayangan kartun dengan tubuh langsing, sedangkan kelompok lain diberi tayangan kartun dengan tokoh gemuk. Usai menonton kartun, mereka diberi snack. Hasilnya, anak yang melihat tokoh kartun gemuk makan lebih banyak camilan.

"Anak yang melihat tokoh kartun gemuk makan rata-rata 4,2 kue sedangkan yang melihat tokoh kartun kurus mengonsumsi 3 kue. Namun, hal berbeda terjadi ketika anak diberi pesan kesehatan yaitu makanan apa yang harus diperbanyak dan dihindari demi membuat tubuh mereka sehat," tutur Prof Campbell.

Baca juga: Olahraga Seperti Ini Paling Pas untuk Bantu Anak Obesitas Turunkan Bobot

Pesan kesehatan yang diberikan pada anak-anak misalnya saja beberapa hal yang membuat mereka sehat yakni lebih mementingkan tidur ketimbang menonton TV. Atau, lebih baik minum susu dibanding minuman manis lain seperti soda. Nah, dikutip dari Essential Kids pada Selasa (20/10/2015), Prof Campbell mengatakan anak-anak yang menyaksikan tokoh kartun gemuk tapi kemudian diberi pesan kesehatan, jumlah kue yang mereka konsumsi menurun. Dari jumlah awal 4,2 kue rata-rata menjadi 3 kue.

"Dari studi ini kami memiliki kesimpulan bahwa lingkungan memang amat berpengaruh pada risiko gemuk seorang anak. Jika lingkungan tidak mendukung anak hidup sehat, sudah sepatutnya orang tua memberi pengetahuan dan selalu mengingatkan anak soal gaya hidup sehat," tutur Prof Campbell.

Selain itu, pastinya batasi konsumsi TV anak atau jika ia ingin menyaksikan TV, orang dewasa sudah sepatutnya memberi pengawasan. Apalagi, tokoh kartun yang gemuk identik dengan sosok yang lucu. Sehingga, penting bagi orang tua untuk mengedukasi buah hatinya soal pentingnya gaya hidup sehat, salah satunya menghindari kegemukan.

"Jangan pula membiarkan anak makan sambil nonton TV. Orang tua harus bisa membedakan mana jam anak untuk makan dan mendapat hiburan," tambah Prof Campbell.

Baca juga: Ini Dampaknya Jika Sering Ajak Anak Makan Sambil Jalan-jalan atau Nonton TV

(rdn/up)