Cegah Obesitas, Pilih Menu Tinggi Protein untuk Sarapan Anak

ADVERTISEMENT

Cegah Obesitas, Pilih Menu Tinggi Protein untuk Sarapan Anak

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 05 Feb 2016 09:30 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Sebelum seharian beraktivitas, anak perlu diberikan menu sarapan yang penuh gizi. Salah satunya yang dianjurkan adalah asupan tinggi protein seperti telur.

Studi membuktikan pemberian menu tinggi protein untuk sarapan anak dapat membuatnya kenyang lebih lama. Ini juga akan mengurangi kemungkinan anak makan terlalu banyak di siang hari. Berat badan anak pun bisa dijaga agar tak naik berlebihan.

"Penting bagi orang tua untuk memilih jenis makanan yang dapat membuat anak kenyang, namun tetap menjaga asupan kalorinya. Apalagi anak-anak rentan mengalami kenaikan berat badan berlebihan," ujar peneliti dari University of Pennsylvania School of Nursing, Tanja Kral, seperti dikutip dari Times of India, Jumat (5/2/2016).

Baca juga: Perhatikan, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anak Jadi Susah Makan

Studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Eating Behaviours ini dilakukan dengan melibatkan 40 anak berusia 8-10 tahun. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing diminta untuk sarapan dengan menu olahan telur, oatmeal dan sereal.

Setelah itu mereka diberi waktu untuk bermain-main dengan para staf penelitian. Makan siang dengan menu yang sama pun disiapkan untuk mereka pada jam berikutnya.

Menurut penelitian, setelah mengonsumsi sarapan telur, anak tetap berenergi sampai waktu makan siang. Yang perlu diperhatikan, anak tidak makan secara berlebihan pada siang harinya, jika dibandingkan dengan anak-anak yang sarapan dengan menu selain telur. Oleh sebab itu, para peneliti menyarankan anak sebaiknya diberi menu sarapan yang kaya protein seperti telur.

"Makan melebihi angka kecukupan kalori, bahkan sedikit saja, dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas pada anak-anak jika dilakukan secara berkepanjangan," tutur Kral.

(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT