Kamis, 30 Jun 2016 13:31 WIB

Studi: Anak dari Ibu yang Bekerja Lebih Berisiko Mengalami Obesitas

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Jika Anda termasuk ibu yang bekerja, ada baiknya mulai lebih memerhatikan pola makan anak. Sebab studi mengungkapkan bahwa memiliki ibu yang bekerja cenderung membuat pola makan anak tak teratur dan membuatnya berisiko obesitas.

Berdasarkan pengamatan studi-studi sebelumnya yang dilakukan oleh Wencke Gwozdz dari Copenhagen Business School, ia menemukan bahwa kondisi ini sangat mungkin terjadi karena kurangnya waktu sang ibu untuk menyiapkan menu makanan sehat untuk sang anak.

Baca juga: Duh! Ayah yang Gemuk 'Hasilkan' Anak Perempuan yang Rentan Kanker

Akibatnya, anak menjadi cenderung makan tak teratur dengan menu makanan yang dibeli di luar rumah atau bahkan junk food. Padahal makanan seperti ini seringkali memiliki garam, gula dan kolesterol tinggi, sehingga membuat berat badan anak mudah naik.

"Mereka juga lebih jarang olahraga dan beraktivitas fisik di luar rumah. Selain itu, seringkali jam tidur mereka tak tercukupi," tutur Gwozdz, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (30/6/2016).

Menurut Gwodzdz, jika memang kondisi keluarga tersebut tak memungkinkan bagi si ibu untuk berhenti bekerja, maka solusinya adalah perlu direncanakan lebih matang mengenai pengaturan pola makan dan aktivitas anak.

"Ibu perlu menyisipkan waktu lebih banyak untuk mengatur pola makan anak, berbelanja, dan bahkan mungkin memasak. Dengan begitu, kesehatan anak bisa tetap terjaga. Yang terpenting, komunikasikan dan libatkan seluruh anggota keluarga," pesan Gwodzdz.

Baca juga: Hal Sepele yang Dilakukan Ortu Bisa Bentuk Body Image Negatif Anak


(ajg/vit)