Sabtu, 17 Sep 2016 16:03 WIB

Terkadang Bahagia Itu Sesimpel Mengajak si Kecil Bermain

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Nurvita Indarini Foto: Nurvita Indarini
Jakarta - Setiap orang mungkin punya ukuran kebahagiaan sendiri. Namun terkadang kebahagiaan itu sesimpel mengajak si kecil bermain. Selain orang tua bahagia, anak juga bahagia lho.

Ya, dunia anak adalah dunia bermain. Dengan bermain, anak bisa belajar banyak hal. Dengan bermain pula, anak bisa mengembangkan sifat-sifat positif. Yang paling penting dengan bermain anak bisa lebih bahagia.

"Kalau sering diajak main orang tuanya, maka anak akan lebih bahagia. Nah, nantinya mereka kalau disuruh sama orang tuanya biasanya lebih menurut. Ini bukan karena mereka takut, tapi termotivasi untuk membuat orang tuanya bahagia," tutur psikolog Rini Hildayani, M.Si dalam media gathering Nestlé LACTOGROW Happy Date di Luna Negra Cafe, Plaza Bapindo, Citibank Building, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Bahagia itu perlu didapat dan diperjuangkan. Karena kebahagiaan berhubungan dengan kesehatan fisik dan tingkah laku. Kebahagiaan juga berhubungan dengan motivasi diri, keyakinan dan kemampuan diri, optimisme dan ketangguhan.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Bermain Video Game yang Dianjurkan untuk Anak?

Pasangan selebriti Fachri Albar dan Renata Kusmanto adalah yang termasuk sangat menikmati main bersama anak. Meskipun sibuk syuting, Fachri menyempatkan diri bermain dengan anak di waktu luang yang dimiliki. Baginya, yang terpenting bukan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain bersama dua buah hatinya, namun seberapa berkualitas waktu yang dihabiskan mereka. Nah, bermain bersama merupakan quality time bagi Fachri dan anak-anaknya.

"Kadang saya pulang syuting, kalau anak saya belum tidur, kami main sebentar. Sampai saya harus keluar kamar, kalau nggak dia nggak akan tidur," ujar ayah dari River dan Clover ini dalam acara yang sama.

Renata mengakui putra sulungnya memang dekat dengan ayahnya. Jika ayahnya ada di rumah, mereka kerap main bersama. "Sedangkan saya lebih ke menyiapkan kebutuhan anak-anak dari mereka bangun sampai mereka tidur lagi," imbuhnya.

Menanggapi orang tua bekerja yang waktu di rumahnya tidak cukup banyak, menurut Rini, yang terpenting orang tua selalu menyempatkan diri bermain bersama anak. Meskipun memang hanya sebentar atau hanya dilakukan di akhir pekan saja.

Dijelaskan Rini, bermain bersama anak bisa menambah pengalaman positif dalam hidup anak. Selain itu bermain bersama juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak, sehingga kelekatan orang tua dan anak pun jadi lebih baik. "Akan ada ikatan emosional yang lebih baik," ucapnya.

Baca juga: Belikan Anak Banyak Mainan Demi 'Tebus' Rasa Bersalah Ibu Bekerja, Tepatkah?

Hmm, sudahkah hari ini Anda bermain bersama si kecil? (vit/up)
News Feed