Jumat, 27 Jan 2017 13:06 WIB

Pentingnya Mengajarkan Disiplin pada Anak Sejak Dini

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Salah satu hal yang penting diajarkan oleh orang tua kepada buah hatinya sejak dini adalah kedisiplinan. Hal ini diyakini bisa memberikan banyak manfaat.

Seperti disampaikan oleh psikolog dari TigaGenerasi, Annelia Sari Sari, MPsi, bahwa kedisiplinan tak melulu perlu diajarkan ketika anak sudah berusia cukup besar, tapi juga bisa dilakukan bahkan sejak anak lahir. Misalnya mendisiplinkan anak tentang jam makan dan jam tidur.

"Disiplin itu tidak 'ujuk-ujuk' anak mengerti, tapi harus diajarkan sejak lahir. Jam berapa anak tidur, mandi dan makan. Ketika orang tua membiasakan anak dengan kedisiplinan, maka saat besar anak akan tertanam tetap seperti itu. Jadi bisa lebih terkontrol," tutur Annelia.

Baca juga: Tak Melulu Buruk, Asal Tepat Main Gadget Juga Positif Bagi Anak

Selain mengajarkan kedisiplinan, Annelia juga menjelaskan bahwa orang tua perlu mengajarkan tentan nilai-nilai positif dalam keluarga. Saat anak mulai bisa bermain dengan teman-teman sebayanya, penanaman nilai atau value ini akan berpengaruh pada cara ia bersikap pada orang lain.

Misalnya ketika si anak berhadapan dengan teman yang suka memukul, anak yang dibiasakan bersikap sopan cenderung tidak akan terbawa emosi dan langsung balas memukul.

"Kalau ada anak nakal, kembali ke value awal 'menurut kamu memukul itu baik atau nggak?'. Jadi mengajarkan tentang nilai juga penting. Ingatkan anak bahwa setiap keluarga memiliki aturan masing-masing dan kita harus menghormati perbedaan aturan yang ada," imbuh psikolog yang juga praktik di RSAB Harapan Kita tersebut.

Baca juga: Video: Kecanduan Gadget pada Anak-anak, Apa Bahayanya?


(ajg/vit)