Kamis, 23 Feb 2017 17:04 WIB

Penyebab ASI Menggumpal pada Ibu Menyusui

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Masa-masa indah menjadi seorang ibu adalah menyusui, demikian kata banyak orang. Tentunya ASI merupakan nutrisi terbaik sekaligus upaya menumbuhkan ikatan ibu dengan bayi. Sayangnya, ada kondisi di mana menyusui jadi peristiwa yang kurang menyenangkan.

Seperti yang belum banyak kita ketahui, ibu kadang tidak bisa menikmati momen menyusui buah hatinya lantaran adanya penyumbatan pada saluran ASI atau radang payudara sehingga muncul gumpalan dengan rasa sakit. Pada kebanyakan kasus, hal ini biasanya terjadi pada awal-awal menyusui.

Dokter laktasi dan ibu menyusui RS Permata, Depok, dr Asti Praborini, SpA, IBCLC, menjelaskan, sumbatan yang terjadi pada saluran ASI umumnya terjadi karena payudara tertekan oleh suatu benda dalam durasi yang cukup lama, misalnya pemakaian bra atau pakaian yang terlalu ketat, atau bisa juga karena pengeluaran ASI yang kurang efektif.

Baca juga: Kurang Asupan ASI Bisa Picu Demam pada Bayi Baru Lahir?

"Pengeluaran ASI yang kurang efektif biasanya disebabkan oleh hisapan bayi yang kurang optimal untuk mengosongkan payudara, yang paling sering adalah bayi mempunyai kelainan anatomi pada mulutnya," terang dr Asti.

Selain itu, kata dr Asti, pengeluaran ASI yang tidak efektif juga terjadi apabila sebelumnya bayi menggunakan dot atau empeng. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penggunaan dot atau empeng akan mengubah hisapan bayi.

"Bayi cenderung hanya menetek di puting. Akibatnya ibu dapat mengalami sumbatan saluran ASI atau bengkak berulang pada payudara," ungkapnya lagi.

Jika ibu mengalami hal ini, jangan dulu panik ya. Supaya keluhan berkurang, ibu disarankan untuk mengeluarkan ASI yang berlebih dengan menggunakan alat pompa atau tangan. Kemudian, usai menyusui sebaiknya jangan biarkan ada air susu tersisa agar ASI tak kembali tersumbat.

Selanjutnya, untuk meredakan rasa sakit akibat sumbatan saluran ASI, ibu bisa mengompres payudara dengan air hangat sembari melakukan pijatan lembut pada area payudara di mana penggumpalan air susu terjadi.

Baca juga: Ini yang Perlu Diperhatikan Bila Ingin Menyusui Dua Anak Sekaligus (hrn/up)
News Feed