Minggu, 26 Feb 2017 15:00 WIB

Ayah dan Bunda, Mendongeng untuk Anak Yuk!

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Setiap anak pasti suka mendengar dongeng. Nah apalagi jika dongeng langsung diberikan oleh orang tuanya, bayangkan betapa senangnya si kecil. Sempatkan diri mendongeng untuk anak yuk!

Menurut seniman dan pendongeng dari TK Matahari Terbit Gresik, Komang Jaya Uphadana, S.Sos mendongeng memiliki manfaat yang banyak untuk anak. Salah satunya dapat merangsang imajinasi anak pada otak kanannya.

"Mendongeng itu interaksi visual antara pendongeng dengan anak-anak, sehingga dapat membangun otak kanan dan imajinasi mereka," kata pria yang akrab dipanggil Kak Komang ini kepada detikHealth.

Selain itu, manfaat lainnya adalah membuat anak belajar berinteraksi dan cepat berbicara. Sebab mendongeng dianggap oleh Komang sebagai komunikasi dua arah yang merangsang anak ikut berbicara.

Baca juga: Berawal dari Kena Macet, Bocah Ini Jadi 'Hobi' Jalan Kaki

"Daripada hanya komunikasi satu arah seperti televisi, mendongeng kan mengajak anak ikut juga memanfaatkan imajinasi mereka," sambung Komang.

Nah, Komang juga memberikan tips bagi orang tua yang ingin mendongeng untuk sang anak. Di antaranya orang tua harus mampu memiliki tiga karakter dalam dirinya. "Orang tua harus mampu menjadi tiga aktor. Yang pertama menjadi guru yang bisa memberikan arahan, mana yang benar dan mana yang salah," imbuhnya.

Lalu, karakter kedua sebagai orang tua yang menjadi tempat bersandar bagi anak. Selanjutnya, berkarakter sebagai anak. Hal ini dilakukan agar si kecil dapat memerhatikan orang tua. "Saat anak sudah memperhatikan, kita bisa masuk ke dunia mereka. Memang nggak mudah tapi kita harus bisa flashback menjadi anak kecil kembali," tutur Komang.

Baca juga: Kepedulian pada Lingkungan Mengantar Gadis Cilik Ini ke Tokyo


(ajg/ajg)