Kamis, 11 Mei 2017 09:01 WIB

Soal Asuh Anak, Kakek-Nenek Disebut Banyak yang Tak Up To Date

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ketika ayah dan ibu bekerja, kakek dan nenek punya peran penting dalam pengasuhan anak. Ada kakek-nenek yang sekadar mengawasi si kecil dengan pengasuh, atau mereka yang langsung mengasuh sang cucu. Nah, studi baru-baru ini mengungkapkan temuan soal gagasan kakek dan nenek dalam hal pengasuhan anak.

Studi terbaru yang dipresentasikan dalam pertemuan 2017 Pediatric Academics Societies mengatakan memang lumrah jika pasangan suami istri mencontoh pola pengasuhan yang diterapkan orang tuanya. Namun, nyatanya cukup banyak para kakek-nenek yang menerapkan gagasan pengasuhan anak yang tidak up to date, bahkan beberapa justru membahayakan anak.

"Banyak dari kakek-nenek ini yang butuh pembaruan informasi untuk memastikan keamanan dan keselamatan cucunya," kata Dr Andrew Adesma, chief of developmental and behavioral pediatrics di Cohen Children's Medical, dikutip dari CNN.

Untuk studi ini, Adesman dan timnya melakukan survei terhadap 636 kakek dan nenek di Amerika Serikat. Hasil yang ditemukan yakni:
- 25 Persen kakek dan nenek tidak sadar bahwa bayi seharusnya tidur dalam posisi telentang, bukan tengkurap atau miring untuk menghindari risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).
- 68 Persen kakek dan nenek tidak tahu bahwa luka seharusnya dibalut dengan perban supaya pulih dengan baik.
- 44 Persen kakek dan nenek setuju jika mandi air dingin adalah cara yang baik untuk menurunkan demam anak yang tinggi.

Baca juga: Saat si Kecil Demam, Ini yang Baiknya Dilakukan Orang Tua

Meski begitu, kata Adesman, sebagian responden tahu jika mentega bukanlah cara yang efektif untuk pertolongan pertama saat anak mengalami luka bakar. Adesma menyayangkan jika pemikiran mandi air dingin bisa menurunkan demam tinggi masih dimiliki sebagian responden.

"Ini terdengar logis, tapi ini justru berbahaya. Anda malah bisa menurunkan temperatur tubuh anak dengan drastis," ujar Adesman.

Melalui studi ini, Adesman mengingatkan para dokter anak dan orang tua untuk tidak membuat kesalahan karena menganggap kakek nenek telah membesarkan anak-anak mereka, gagasan mereka sudah pasti benar.

"Setidaknya, para kakek dan nenek ini perlu informasi terbaru meskipun untuk melakukannya memang tidak mudah," kata Adesman.

Baca juga: Banyak Habiskan Waktu Bersama Kakek-Nenek, Anak Jadi Gampang Gemuk (rdn/vit)
News Feed