Senin, 22 Mei 2017 16:36 WIB

Saran Bagi Ibu Agar Nyaman Gendong Anak Saat Harus Berkendara

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Thinkstock) Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Surabaya - Menggendong memudahkan ibu-ibu aktif agar tetap berkegiatan meski harus disambi dengan mengurus si buah hati, termasuk saat berkendara. Lantas bagaimana memastikan gendongannya aman selama berkendara?

Nindy Nindita Sari, praktisi menggendong bayi dari Indonesia Babywearing Club menjelaskan, yang terpenting adalah meminimalkan risiko dengan memastikan keamanan bayi dalam gendongan.

"Dalam artian (memakai gendongan di mana, red) buckle atau ceklekannya baiknya di pinggang, bahu, kemudian juga di samping," pesannya saat ditemui detikHealth baru-baru ini.

Itu berarti ibu dengan bayi yang ingin berkendara sendiri tidak diperkenankan menggunakan gendongan jarik atau ring sling yang tidak memiliki pengaman di samping.


Baca juga: Kenali, Ini Jenis-jenis Gendongan yang Bisa Dipilih untuk Bayi

Wanita yang akrab disapa Indy itu pun memastikan jika bayi digendong saat bepergian, maka kecenderungannya untuk menangis menjadi rendah karena ia merasa nyaman di dalam dekapan sang ibu.

Ditambahkan Indy, menggendong juga membuat bayinya tidak mengeluarkan energi terlalu banyak seperti meronta-ronta atau menangis karena dekat dengan ibunya. Tidak terlalu banyak bergerak juga baik untuk perkembangan si bayi.

"Digendong berarti saya juga tahu dia akan nyenyak tertidur sehingga ibunya juga lebih tenang saat beraktivitas," imbuh Indy.

Di sisi lain, mencegah bayi gumoh karena posisi bayi saat digendong juga cenderung tegak lurus. Bagi ibunya, menggendong dapat mengembalikan postur ibu yang mengalami perubahan atau condong ke depan akibat mengandung selama 9 bulan.

Bahkan Indy mengutarakan, menggendong ikut membantu mengurangi depresi yang dirasakan ibu pasca melahirkan sebab meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin karena terus berdekatan dengan buah hatinya.

"Selain itu kalau kita memakai gendongan yang bahannya kain, itu juga lebih ramah lingkungan bila kita bandingkan dengan stroller. Gendongan modern juga rata-rata tahan lama," tutupnya.

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Menggendong Bayi

Gendongan pun banyak jenisnya. Berikut beberapa jenis gendongan yang lazim digunakan orang tua:

(lll/vit)