Senin, 21 Okt 2013 10:24 WIB

Ini Pentingnya USG di Awal Masa Kehamilan

- detikHealth
Ilustrasi (dok: Thinkstock) Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta - Di awal kehamilan, USG sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah kehamilannya baik atau tidak. Pada dasarnya, ada tiga macam kehamilan yaitu hamil normal, hamil kosong atau blighted ovum, dan hamil anggur. Kalau kehamilan bagus, lalu sebulan ada perdarahan, itu bisa disebabkan kelainan atau proses nidasi.

"Jadi embrio dari saluran telur berjalan melalui saluran telur kemudian masuk ke dalam rongga rahim dan menempel di dalam rahim. Saat embrio menempel di dalam rahim harus membuat plasenta yang harus dibuat secara kimiawi. Jadi sel-sel yang muda kalau dia berdarah, ada dua efek, dia terus hidup atau mati," jelas dr Nurwansyah, SpOG.

Hal itu disampaikan dr Nur dalam Talkshow Breastfeeding Fair 'Persiapan Menyusui Selama Kehamilan' di West Mall Grand Indonesia, dan ditulis pada Senin (21/10/2013).

Menurut dr Nur, embrio yang bisa bertahan disebabkan karena plasenta yang bagus. Pada plasenta, ada satu area tertentu yang mungkin bisa berdarah di satu sisi sedangkan sisi lainnya masih bagus. Meski begitu, tetap harus diperiksa ke dokter untuk mengetahui apa penyebab perdarahan.

"Jika sampai terjadi keguguran dan janin sudah bisa keluar di rumah, tetap lakukan USG guna mengetahui ada sisa apa enggak. Kalau nggak ada sisa ya enggak kuret nggak apa-apa," kata dr Nur.

Kalau ada sisa harus dilakukan kuret, karena jika tidak, bisa menimbulkan risiko kanker atau berdarah terus menerus hingga sulit hamil. Kalau sudah diterapi dokter, dr Nur menyarankan si ibu untuk segera hamil.

"Kalau bulan depan sudah menstruasi, itu sudah pulih jangan nunggu tiga sampai enam bulan, itu paradigma lama. Makan makanan yang sehat, mau olahraga juga boleh, enggak ada masalah," pungkas dr Nur.

Berbicara mengenai hamil kosong, menurut dr Nur hal itu 99 persen disebabkan karena kromosom yang tidak bagus. Kromosom tidak bagus bisa karena faktor keturunan atau kebetulan tidak bagus.



(vta/vit)